Hindari Polemik, Pemkot Probolinggo Siapkan TPU Khusus Pasien Covid-19

KADEMANGAN-PANTURA7.com, Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo menyiapkan lahan khusus untuk tempat pemakaman warga yang menjadi korban Covid-19 atau virus corona. Upaya ini dilakukan guna menghindari pro-kontra di kalangan masyarakat.

Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kopian Barat di Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, dipilih sebagai lokasi pemakaman untuk jenazah pasien Covid-19. TPU yang dikelola Dinas Lingkungan Hidup (DLH) jauh dari pemukiman warga.

TPU tersebut memiliki luas sekitar 4100 m2. Selain warga Nasrani, warga Muslim pun dimakamkan di lokasi yang sama. Hanya dibedakan antara sisi timur dan barat.

Heri Purbaya, Ketua RW setempat menjelaskan, ia mengetahui bahwa tempat tersebut akan dijadikan TPU Covid-19 pada Senin (13/4/2020) malam. “Insyaallah respons masyarakat tidak ada masalah. Apalagi, ini tanah pemkot jadi pemkot punya hak,” ujar Heri.

Wali Kota Hadi Zainal Abidin yang meninjau lokasi TPU pada Selasa (14/4/2020) bersama Wawali Mochammad Soufis Subri; Kapolresta AKBP Ambariyadi Wijaya dan Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo; memerintahkan DLH segera meratakan tanah dan membersihkan tumbuhan liar di area TPU.

“Ini untuk kesiapan, sejauh ini Alhamdulillah pasien Covid-19 di Kota Probolinggo sehat. Saya melihat lokasi ini untuk menyampaikan ke masyarakat bahwa TPU ini akan jadi tempat pemakaman apabila ada yang meninggal karena Covid-19,” terang Wali Kota.

Menurutnya, pemerintah lebih baik menyiapkan sedari sekarang, daripada bingung mencari tempat dan menimbulkan polemik di masyarakat. Meski demikian, ia berharap tidak ada yang meninggal dunia karena Covid-19 di Kota Probolinggo.

“Kami berdoa warga kota sehat, yang sakit segera sehat kembali. Mudah-mudahan ini menjadi perhatian kita semua bahwa masyarakat harus waspada, disiplin dan ikuti anjuran pemerintah,” tandas dia. (*)

Baca Juga  Demokrat Bagikan Ratusan Paket Sembako

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga

Pemkab Lumajang Sibuk Stabilkan Harga Pangan, Kekeringan Terabaikan

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab Lumajang) tengah gigih menjaga stabilitas harga beras di pasaran. Meski demikian, …