Pasca OTT Jual-beli Jabatan, 252 Pj. Kades Segera Dilantik

PROBOLINGGO,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menyiapkan puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengisi jabatan sebagai Penjabat Kepala Desa (kades). Diketahui, 251 kades bakal berakhir masa jabatannya, Kamis (9/9/21) besok.

“Kita sudah menyiapkan ASN yang kita tunjuk untuk mengisi 252 jabatan Pj kades yang akan berakhir masa jabatannya. ASN yang kita tunjuk ini sudah siap, dan segera kita lantik,” kata Plt. Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko, Rabu (8/8/21).

Dari 252 kades yang akan berakhir masa jabatannya, sebanyak 251 kades berakhir besok, Kamis (9/9/21). Sedangkan 1 kades, yakni Desa Sidodadi, Kecamatan Paiton, akan berakhir masa jabatannya pada 26 Oktober 2021.

Dijelaskan Timbul, dari 252 desa yang mengalami kekosongan kepemimpinan, sebanyak 25 desa sudah dipimpin Pj kades. Mereka menggantikan kepala desa definitif yang meninggal sebelum masa jabatan berakhir.

“Selain meninggal, ada pula kades yang terjerat kasus hukum sehingga digantikan 25 kades ini. Sisanya, 226 desa yang akan diisi oleh Pj kades yang akan kita tunjuk ini,” paparnya.

Timbul menegaskan, 252 Pj kepala desa ini sudah siap untuk dilantik dan disebar ke masing-masing desa. “Sehingga, Pj kades ini dapat melanjutkan program kepala desa sebelumnya,” Timbul menambahkan.

Sebagaimana diketahui, penunjukan 252 Pj kades ini sempat menjadi polemik karena diduga diperjualbelikan oleh masing-masing camat dan Bupati Probolinggo Non-aktif, Puput Tantriana Sari.

Buntutnya, Tantriana bersama sang suami Hasan Aminuddin, Camat Paiton Moh. Ridwan, serta Camat Krejengan Dody Kurniawan, dicokok Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat transaksi jual-beli Pj kades.

Selain itu, ada 17 ASN yang diproyeksikan sebagai Pj kades digulung KPK. Kini para tersangka yang berjumlah 22 orang ditahan KPK. (*)

Baca Juga  Cegah DBD, Pemkab Lumajang Masifkan PSN

Penulis: Hafiz Rozani
Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …