Bikin Resah! Pencuri Uang Kotak Amal Masjid Berkeliaran

WONOMERTO,- Para pelaku kejahatan, tak memandang tempat untuk melancarkan aksinya. Bahkan rumah ibadah pun tak luput dari tindakan kriminal.

Seperti yang terjadi di Masjid Baitur Rahman, Desa Sepohgembol, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo. Uang kotak amal di masjid yang terletak di jalan raya Bromo ini raib digondol pencuri.

Pencurian uang kotak amal masjid ini sempat terekam Close Circuit Television (CCTV), yang terpasang di salah satu ruangan masjid. Dari kamera pengintai itu, terlihat pelaku mencongkel kotak lalu membawa uang yang berada di dalamnya.

Takmir masjid Baitur Rahman, Muhammad Adam (20) menjelaskan, pencurian di masji Baiturrahman berdasarkan rekaman CCTV terjadi pada Rabu, (01/09/21), sekitar pukul 06.18 WIB.

Dari rekaman CCTV, terlihat pelaku datang dengan mengendarai Honda Beat. Pelaku yang mengenakan kaos, sarung putih, dan kopyah putih lantas bergegas menuju kotak amal.

“Saat itu, kondisi masjid sepi, sedang tidak ada orang. Jadi pencurian baru diketahui malam hari setelah salat Isya’. Saat saya mengecek CCTV, terlihat pelaku sendirian mencongkel kotak amal dan mengambil uang di dalamnya,” terang Adam, Selasa (7/9/21).

Uang yang dibawa kabur pelaku, dijelaskan Adam, nominalnya sekitar Rp700 ribu. Uang tersebut merupakan iuran jamaah pengajian setiap Jum’at, yang rencananya akan dipergunakan untuk keperluan jamaah selama beribadah di masjid.

“Tak hanya masjid Baitur Rahman saja. Menurut teman saya, pelaku dengan ciri-ciri yang sama juga mencuri uang kotak amal di setidaknya lima masjid, diantaranya masjid di wilayah Kecamatan Leces dan Sumberasih,” urai remaja asal Kecamatan Tegalsiwalan ini. (*)

 

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: A. Zainullah F

Baca Juga  Miris! Bos Tambang Ilegal Gempol Divonis Lebih Ringan dari Tuntutan JPU

Baca Juga

Modus Beli Makanan, Pengamen asal Lumajang Justru Curi Motor

Probolinggo,- Silo (29) pengamen asal Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang dibekuk Satreskrim Polres Probolinggo Kota. Ia …