Cegah Penularan Covid-19, Orgil di Kota Probolinggo Kini Disuntik Vaksin

PROBOLINGGO,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo terus memacu vaksinasi Covid-19 guna mempercepat kekebalan kelompok (Herd Immunity). Kali ini sasaran vaksinasi adalah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) atau orang gila (Orgil).

Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Probolinggo, Setyorini Sayekti mengatakan, vaksinasi terhadap ODGJ mengacu pada surat imbauan dari pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, yang menekankan vaksinasi terhadap kelompok rentan.

Kelompok rentan tersebut diantaranya penyandang disabilitas dan ODGJ. Dalam pelaksanaannya, vaksinasi melibatkan Dinas Sosial yang memang memiliki kewenangan dalam perlindungan dan pengawasan terhadap ODGJ ini.

“Bukan hal yang mudah melakukan vaksinasi kepada ODGJ, karena berkaitan dengan mental. Sehingga dalam pelaksanaannya kita juga melibatkan dokter dan keluarga sehingga ada pendampingan,” ujar Setyorini, Sabtu (28/8/21).

Vaksinasi ODGJ yang sudah berjalan, jelas Setyorini, yakni di Kecamatan Wonoasih dimana ada 24 ODGJ yang sudah disuntik vaksin tahap pertama. Dalam vakasinasi ODGJ, tidak batasan target karena menyesuaikan kondisi di lapangan.

“Berbeda dengan kelompok disabilitas yang memiliki target vaksinasi harus selesai hingga bulan September. Untuk ODGJ tidak ada target,” tuturnya

Selain itu, sambungnya, vaksinasi bagi ODGJ tidak mengenal domisili, melainkan sepanjang ditemui petugas. ‘Namun kita berupaya agar ODGJ yang divaksin ini, yang memiliki keluarga sehingga pengawasannya lebih enak,” pungkas Setyorini.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Probolinggo, Rey Suwignyo mengatakan, jumlah ODGJ yang di shelter baru 3 orang. Meski demikian, pendataan dan penjaringan ODGJ yang siap disuntik vaksin Covid-19 terus dilakukan.

“Petugas kita sampai saat ini terus melakukan pendataan ODGJ di wilayah-wilayah, saat ini masih terus berjalan,” ucap mantan Kepala Bappeda Kota Probolinggo. (*)

 

 

Editor: Efendi Muhammad

Baca Juga  Dikeluhkan, Daging Ayam Naik Jelang Puasa

Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …