Kesiapan SMPN 6 sebagai Tempat Isoter di Kota Probolinggo Baru Capai 85 Persen

KEDOPOK,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo belum bisa memanfaatkan gedung SMPN 6 sebagai tempat isolasi terpusat (Isoter). Pasalnya, kesiapan gedung pendidikan yang berada di Kelurahan Kareng Lor, Kecamatan Kedopok itu baru 85 persen.

Progres kesiapan SMPN 6 sebagai ruang isoter diketahui kala Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin meninjau gedung isoter dadakan itu, Selasa (24/8/2021) pagi. Wali Kota ingin memastikan sejauh mana kesiapan isoter di SMPN 6.

Dalam pantauan itu, diketahui bahwa tempat isoter yang diberi nama ‘Rumah Sehat Asyifa’, belum siap ditempati. Sarana dan prasarana pendukung masih disiapkan, tak terkecuali Tenaga Kesehatan (Nakes).

“Tempat tidur pasien yang ada di sini merupakan tempat tidur yang sudah standar rumah sakit. Ruangan isoter nantinya akan dibagi (terpisah) dua, untuk pasien perempuan dan laki-laki, sehingga pelayanan dapat maksimal,” kata Wali Kota.

Tempat isoter itu, dijelaskan Wali Kota, nantinya juga akan dilengkapi dengan lapangan untuk berjemur, musholla, dan gazebo, yang akan dimanfaatkan sebagai tempat skrining dan pemeriksaan pasien setiap harinya.

Ia menegaskan, isoter dengan kapasitas 103 tempat tidur itu diperuntukkan bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG). “Pasien yang memiliki gejala ringan juga bisa isoter disini,” ujarnya.

Dengan digunakannya gedung SMPN 6 sebagai ruang isoter, maka menurut Wali Kota, jadwal Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah plat merah itu, otomatis ditunda.

“Penundaan ini untuk memprioritaskan penanganan Covid-19. Namun demikian, untuk mendukung pembelajaran tatap muka, kita terus melakukan vaksinasi pelajar, yang saat ini sudah mencalai 50 persen,” imbuh Wali Kota.

Diketahui, SMPN 6 merupakan tempat isoter ketiga di Kota Probolinggo. Sebelumnya, tempat isoter juga ada di Rusnawa Mayangan dan ruang rawat inap Puskesmas Wonoasih. (*)

Baca Juga  Ratusan CJH Kab. Probolinggo Tunggak BIPIH, Pelunasan Diperpanjang

 

 

Editor: Efendi Muhamad

Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga

Tolak Perda Tempat Hiburan, Warga Geruduk Kantor DPRD Pasuruan

Pasuruan,- Sejumlah warga mendatangi kantor DPRD Kabupaten Pasuruan, Kamis (25/4/2024) siang. Kedatangan massa dari sejumlah …