Dorong Percepatan Vaksinasi Covid-19, Anggota DPR-RI Bagikan ‘Hadiah’ Rp100 Ribu

PAITON,- Vaksinasi Covid-19 di tanah air yang ditargetkan mencapai 1 juta orang per hari, nampaknya masih jauh api dari panggang. Warga masih enggan disuntik vaksin dengan berbagai alasan.

Di Kabupaten Probolinggo misalnya. Dari sekitar 1,3 juta penduduk, warga yang sudah disuntik vaksin tak sampai 25 persen, baik suntik vaksin tahap pertama lebih-lebih vaksinasi tahap kedua.

Kondisi itu membuat Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol Riza, membuat terobosan agar masyarakat terdorong disuntik vaksin. Caranya, memberikan uang transportasi sebesar Rp100 ribu bagi warga yang bersedia divaksin.

“(Uang transportasi Rp100 ribu untuk) memberikan semangat kepada masyarakat untuk percepatan vaksinasi,” terang Faisol Riza saat memantau vaksinasi Covid-19 di halaman Universitas Nurul Jadid (Unuja) Paiton, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (14/8/2021).

Di halaman Unuja, ada 5.000 dosis vaksin jenis sinovac yang diberikan. Sasarannya, meliputi seluruh masyarakat di Kabupaten Probolinggo, termasuk santri dan pengurus pesantren.

Dijelaskan Faisol Riza, masyarakat yang ingin divaksin cukup mendaftar melalui WhatsApp (WA) ke panitia dengan mengirimkan foto KTP dan nomor HP ke panitia. Setelah itu, mereka bisa datang ke lokasi vaksinasi yang sudah ditentukan.

“Ini upaya yang baik bagi kita semua menjaga agar penyebaran dan penanggulangan Covid-19 bisa terkendali dengan baik,” ungkap politisi PKB itu.

Menerapkan protokol kesehatan secara ketat, vaksinasi gratis yang dimulai sejak pukul 13.00 WIB itu, juga dipantau oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.

Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Jadid, KH. Moh. Zuhri Zaini menyebut, vaksinasi merupakan ikhtiar nyata guna menanggulangi penyebaran Covid-19. Oleh karenanya, ia menghimbau masyarakat secara sadar ikut vaksin, demi keselamatan dan kesehatan bersama

“Agar santri dan masyarakat pada umumnya, bisa melakukan kegiatan tanpa terganggu dengan pandemi Covid-19,” tutur Kiai Zuhri.

Baca Juga  Puluhan Wartawan di Kota Probolinggo Disuntik Vaksin, 1 Gagal

Selain di Ponpes Nurul Jadid, vaksinasi berhadiah Rp100 ribu dari Faisol Riza, juga digelar di Ponpes Al-Yasini Wonorejo, Kabupaten Pasuruan. Vaksinasi berlangsung mulai tanggal 14 hingga 18 Agustus 2021. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …