Ruko tak Berpenghuni di Jati Terbakar, ini Dugaan Penyebabnya

MAYANGAN,- Sebuah ruko di Jl. Panglima Sudirman, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, ludes terbakar, Jum’at (6/08/21) malam. Musibah ini diduga terjadi lantaran kabel listrik di depan ruko mengenai atap ruko sehingga memantik percikan api.

Saksi kejadian, Toha Yunion (58) mengatakan, api mulai terlihat sekitar pukul 20.00 WIB. Saat Toha sedang membakar sate jualannya, warga yang membeli satenya melihat api muncul di lantai II ruko, yang berada tak jauh dari stan sate Toha.

Mengetahui hal itu, Toha kemudian meminta pelanggannya itu untuk menghubungi Pemadam Kebakaran (Damkar) melalui sambungan telepon 112.

“Ruko yang terbakar itu sudah lama tidak ditempati oleh pemilik. Sehingga saat api muncul, pemilik tidak mengetahuinya,” ujar Toha.

Tak lama kemudian, 2 unit Tim Damkar milik Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo datang ke lokasi untuk melakukan pemadaman. Sekitar 30 menit kemudian, di jago merah berhasil dipadamkan.

Setelah api padam, petugas Damkar memberhentikan penyemprotan, karena aliran listrik masih menyala. Baru setelah aliran listrik berhasil diputus, pembasahan ruko yang terbakar pada bagian atap depan kembali dilanjutkan.

“Pemilik ruko ini namanya Boediarso, warga Kelurahan Mayangan. Ruko itu sudah sekitar tujuh tahun tidak ditempati,” Toha menjelaskan.

Kepala Dinas Satpol PP Kota Probolinggo, Aman Suryaman mengatakan, dugaan sementara api yang membakar atap ruko karena ada kabel listrik yang menyentuh kayu atap. Alhasil, terjadi percikan api dan membakar atap.

“Untuk penyebab pasti kebakaran masih belum diketahui. Namun kita telah meminta kepada anak pemilik yang datang untuk merapikan (kabel listrik) sehingga tidak terjadi kejadian serupa,” tandas Aman. (*)

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Albafillah

Baca Juga  Dikukuhkan, Komnas PA Berkomitmen Lindungi Anak-anak Probolinggo

Baca Juga

Jembatan Gondoruso Lumajang Diterjang Lahar Hujan, Aktifitas Warga Dua Desa Lumpuh

Lumajang,- Banjir lahar hujan Gunung Semeru yang terjadi pada Kamis (18/4/2024) malam, membuat sejumlah jembatan …