Dipercaya Tingkatkan Imunitas Tubuh, Susu Sapi Perah Diburu

MAYANGAN,- Kota Probolinggo bukanlah daerah penghasil susu segar. Namun demikian, bukan berarti kota yang memiliki penduduk sekitar 239.400 jiwa ini tak memiliki peternak sapi perah.

Di Kecamatan Mayangan misalnya. Sejumlah warga menjadi peternak sapi perah, yang hampir setiap hari menghasilkan susu segar. Di masa pandemi Covid-19, susu segar banyak diburu warga karena dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Salah satu peternak susu sapi, Syaifudin (45) mengatakan, sejak PPKM Darurat diberlakukan, permintaan susu hasil ternak sapinya meningkat dua kali. Bahkan jauh-jauh hari, warga sudah memesan dalam jumlah banyak.

“Penjualan susu dari sapi perah saya masih secara konvesiona. Bagi konsumen yang ingin membeli langsung datang ke rumah dan langsung kita layani,” kata Syaifudin, Kamis (5/8/21).

Warga yang tinggal di Gang Susu 2, RT 7, RW1, Kelurahan Mayangan ini menambahkan, setiap hari ia dapat mengemas 10 hingga 20 liter dari 8 ekor sapi produktif perah piaraannya. Harga 1 liter susu, Rp10 hingga Rp12 ribu.

Dengan naiknya permintaan susu segar selama pandemi Covid-19, keuntungan yang didapat Syaifudin mencapai Rp200 ribu per hari. Padahal sebelum pandemi, penghasilannya dari beternak sapi perah tak seberapa.

“Meskipun permintaan susu sapi ini sejak wabah pandemi, namun permintaan terbanyak sejak warga mulai divaksin. Saya berharap, susu sapi ini brnar-brnar bisa bermanfaat untuk meningkatkan imunitas,” ujarnya.

Lurah Mayangan, Iwan Arif Affandi mengatakan, sejak vaksinasi Covid-19 mulai digalakkan, susu segar produksi peternak sapi perah di wilayah Kelurahan Mayangan, memang banyak diburu warga. Ia bersyukur, ditengah masa sulit, masih ada hikmah yang bisa dirasakan warganya.

“Meningkatnya permintaan warga ini membuat susu sapi produksi peternak sering habis, sehingga pembeli rela antri, menunggu sapi perah warga kembali produksi,” Iwan Arif menjelaskan. (*)

Baca Juga  Alami Lumpuh Otak, Balita di Kademangan ini Butuh Uluran Tangan

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …