Naik 100%, DBD Didominasi Anak

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Meningkatnya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) awal bulan di tahun 2019 kali ini mendapat sorotan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo. Pasalnya peranan masyarakat dalam hal ini juga sangat diperlukan.

Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Kabupaten Probolinggo Dewi Vironica mengatakan, pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yang harus dilakukan oleh masyarakat masih belum maksimal.

“PSN yang dimaksud bukan hanya sekadar membersihkan lingkungan, seperti momotong rumput, membuang sampah saja. Tetapi juga perlu memperhatikan genangan air di sekitar kita dan juga ada unsur 3-M plus (Menutup, Mengubur, Menguras) dan plusnya itu semisal kita gunakan cairan anti nyamuk,” kata Dewi, Kamis (7/2/2019).

Kalau tidak dengan demikian, lanjut Dewi, pasien yang akan terjangkit DBD akan terus meningkat. Hal itu juga terlihat dari cara nyamuk betina yang ketika proses sekali bertelur mampu mengeluarkan sebanyak 150 telur, dan hal itu berlaku dalam kurun sepekan.

“Sedangkan untuk proses nyamuk betina jika bertelur dalam satu bulan terhitung empat kali dalam perkembangbiakannya. Kalau ditotal dalam satu bulan, nyamuk betina mampu mengeluarkan sebanyak 600 telur, dan hanya membutuhkan 12 hari bagi nyamuk jentik menjadi nyamuk dewasa,” terang Dewi.

Selain itu, perempuan asal Balikpapan ini meyakinkan, dengan perubahan ekosistem dan iklim cuaca saat ini, sepanjang 2019 mulai Januari hingga kini sudah terdata sebanyak 90 pasien DBD, dengan 1 pasien yang meninggal dunia.

“Hal ini sudah jauh persentasenya kalau kita bandingkan dengan prosentase pada Januari 2018, ini sudah bisa dikatakan untuk perbandingan prosentasenya sudah mencapai 100%,” paparnya.

Saat disinggung terkait penderita DBD, Dewi menuturkan, penderita DBD sebenarnya ada beberapa tingkatan tersendiri. “Pertama itu didominasi usia 15-40, kedua, dari usia 9-14 tahun, dan ketiga itu untuk balita. Tetapi pada tahun 2018-2019 didominasi anak-anak,” tutup Dewi. (*)

Baca Juga  Berjualan di Lampu Merah, Pedagang Ditertibkan

 

 

Penulis : Moh. Ahsan Faradies

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Belanja Kepegawaian Masih Diatas 30 Persen, Pemkab Lumajang Batasi Rekrutmen Tenaga PPPK

Lumajang,- Belanja kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang masih diatas 30 persen. Pemerintah kota …