34 Warga Di-Swab Antigen, Satu Positif

KRAKSAAN – Selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Satuan Tugas Percepatan Covid-19 Kabupaten Probolinggo gencar melakukan operasi protokol kesehatan (prokes) di tempat-tempat keramaian.

Sebanyak 34 orang langsung ditindak oleh petugas operasi yustisi PPKM Darurat dalam operasi yustisi, Jumat (9/7/2021). Saat itu operasi digelar di dua titik, di depan swalayan Sopoyono dan Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan.

Koordinator Penegakan Hukum (Gakkum) Satgas Percepatan Covid-19, Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto mengatakan, dari 34 orang tersebut di antaranya para pengguna jalan yang diketahui tidak mengenakan masker saat keluar rumah.

“Sebagai efek jera, semua orang yang terjaring operasi sanksinya adalah wajib mengikuti swab antigen yang telah kami siapkan. Hasilnya banyak warga ditemukan tidak memakai masker, atau memakai masker tapi tidak benar cara pemakaiannya,” kata Ugas.

Dari 34 orang tersebut, lanjut Ugas, salah satu pelanggar prokes hasilnya positif, sehingga testing akan ditingkatkan ke tes swab PCR. Jika hasil PCR-nya positif, yang bersangkutan harus menjalani karantina selama 14 hari dan kontak eratnya akan di tracing.

“Satu orang hasilnya positif, yang bersangkutan warga Desa Jabungsisir, Kecamatan Paiton. Untuk selanjutnya kami langsung limpahkan penanganannya ke puskesmas setempat, ya jika tetap positif sesuai prosedur harus tetap isolasi dan tracing kontak erat,” ungkap dia.

Sekedar informasi, peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Probolinggo semakin melonjak. Terhitung sejak Kamis (8/7/2021) sudah ada sembilan kecamatan masuk zona merah. Yakni, Sukapura, Tongas, Dringu, Leces, Pajarakan, Kraksaan, Gending, Tegalsiwalan dan Banyuanyar. (*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga  Aksi Makan Sabun Viral, Ini Kata Pakar Medis

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …