Gara-gara Bakar Sampah, Rumah Ikut Terbakar

MAYANGAN,- Sebuah rumah di Jl. Anggrek, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, ludes terbakar, Rabu (7/07/21). Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Informasi yang dihimpun PANTURA7.com, percikan api awalnya muncul sekitar pukul 10.40 WIB. Warga yang melihat kepulan asap lantas melapor ke petugas pemadam kebakaran (Damkar) Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo.

“Sebelum kebakaran, saya dan tiga rekan saya sedang bersih-bersih rumah. Karena lama tidak ditempati, kemudian sampah yang terkumpul kita bakar di sebelah timur rumah namun tetap kita jaga. Bersih-bersih rumah itu kita disuruh Rudi, pemilik rumah,” ujar saksi kejadian, Totok Sudarsono.

Saat bakar-bakar sampah, imbuh Totok, ia dan rekan-rekannya tetap mengawasi khawatir api menyambar bangunan, utamanya di lantai 2. Namun ternyata, api tetap menyambar atap lantai 2 sebelah timur dan terus membesar.

“Bersih-bersih rumah itu sudah kita lakukan selama tiga hari. Saat kebakaran terjadi, bakar-bakar sampah sudah selesai namun api menyambar bagian atas,” imbuh Totok.

Si jago merah akhirnya dapat dipadamkan setelah 2 Unit Damkar datang ke lokasi dan melakukan pemadaman. “Alhamdulillah hanya bangunan saja yang terbakar, tidak ada korban,” paparnya.

Kasi Damkar Pemkot Probolinggo, Abdullah mengatakan, petugas membutuhkan waktu sekitar 1 jam sebelum api benar-benar berhasil dipadamkan. Ia menyebut, kebakaran itu dipicu oleh percikan api dari pembakaran sampah.

“Dari informasi, kebakaran ini akibat bakar-bakar sampah di sebelah timur bangunan. Angin yang berhembus kencang, membuat api lekas membesar, namun api sudah berhasil dipadamkan,” ujar Abdullah. (*)

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Albafillah

Baca Juga  Dua Bulan, 46 Bencana Alam Landa Probolinggo

Baca Juga

Memasak Sambil Isi Bensin, Perempuan di Maron Tewas Terbakar

MARON,- Musmiati (50), ibu rumah tangga (IRT) asal Desa Brani Kulon, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo …