TANAM; Proses penanaman pohon di SMPN 1 Pandaan, Selasa (15/6/21).

Jaga Lingkungan Hijau, Pelajar SMP di Pandaan Tanam Pohon

PANDAAN,- Komunitas Pecinta Lingkungan SMPN 1 Pandaan, Kabupaten Pasuruan,  menanam pohon secara massal di lingkungan sekolah, Selasa (15/6/21) pagi. Tanam pohon itu dilakukan guna menjaga keberlangsungan ekosistem yang asri dan hijau.

Tidak hanya anggota komunitas yang terdiri dari siswa, para guru bahkan kepala SMPN 1 Pandaan, Heru Santoso, berbaur menanam pohon. Meski demikian, protokol kesehatan tetap diterapkan selama kegiatan berlangsung.

“Mari kita awali mengajak masyarakat sekitar untuk peduli terhadap lingkungan dengan menanam pohon. Semoga pohon yang ditanam bermanfaat bagi masyarakat sekolah maupun sekitarnya,” kata Heru seusai tanam pohon.

Pohon yang ditanam, imbuh Heru, diantaranya 8 bibit pohon pule, 2 bibit kelapa dan 2 bibit Nangka.  Selama ini, ketiga jenis pohon tersebut belum ada di sekitar sekolah. Selain itu, juga ditanam tanaman obat keluarga, seperti jahe merah, sere merah hingga temulawak.

“Tujuannya untuk menjaga iklim agar tetap sejuk dan indah, juga untuk pembelajaran di sekolah. Selain itu, guna memeriahkan rangkaian hari lingkungan hidup sedunia, yang jatuh tanggal 5 Juni kemarin,” tandasnya.

Guru senior SMPN 1 Pandaan, Sri Handayani menambahkan, total ada sekitar 250 pohon yang ditanam di lingkungan sekolah. “Jenis pohon yang ditanam berbeda-beda. Kami juga membudidayakan pohon trembesi yang saat ini mulai terancam punah,” jelas Sri.

Sementara itu, Ketua Yayasan Peduli Lingkungan Pasuruan Indonesia (YPLPI) Achmad Sobari mengajak seluruh guru di Kabupaten Pasuruan, ikut mengkampanyekan gerakan peduli lingkungan, baik kepada anak didik maupun terhadap warga sekitar sekolah.

“Siapa lagi jika bukan kita yang peduli, mari dimulai dari lingkup terkecil, bisa dari rumah ataupun sekolah. Jika banyak pohon di lingkungan kita, tentu akan menghasilkan oksigen yang bagus pula, ekosistem hijau terjaga,” pinta Sobari. (*)

Baca Juga  Hasil Otopsi Jasad di Pinggir Sungai Keluar, Polisi: Tidak Ada Tanda Kekerasan

 

Editor: Efendi Muhamad

Publisher: A. Zainullah FT

 

 

Baca Juga

Bakal jadi Kantor Baru KPU, Eks-TPS Kraksaan Wetan Segera Dibongkar

Probolinggo,- Tumpukan sampah di lokasi eks-Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, …