Wabup Jenguk Anak Pemulung, Lira : Pemkab Kok Lamban

PAITON,- Viralnya keluarga pemulung dan seorang anak yang menderita gizi buruk di Desa Randumerak, Kecamatan Paiton, Kabupaten di media sosial membuat beberapa instansi mengulurkan tangannya.

Kini sudah berdatangan bantuan, termasuk dari pihak pemerintah. Terbaru, hadirnya Wakil Bupati Probolinggo, A. Timbul Prihanjoko ke gubuk Muhammad Solehudin (33) dan Ririn Fatmala Santi (27).

Kehadiran orang nomor dua di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, mendapat masukan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (Lira) yang menilai kurangnya respon dari pemerintah daerah terhadap kondisi rakyatnya.

“Perlu diingat, kami pertama yang mengetahui kondisi mereka dan sehari kemudian langsung ke lokasi. Setelah viral baru ditanggapi meski sudah beberapa hari viralnya. Kami sebagai sosial control memberi masukan saja,” kata Bupati LSM Lira, Samsuddin, Rabu (9/6/2021).

Ke depan, Samsuddin menyarankan, pemerintah daerah agar lebih jeli lagi untuk mencari informasi serta mengetahui kondisi rakyatnya sendiri dan bisa responsif. Agar, nama pemerintah daerah di mata masyarakat tidak terlalu buruk.

“Kan lucu, ketika seperti kita yang hanya sebagai mitra dari mereka mengetahui informasi seperti itu lebih dulu. Lebih baik diketahui dulu baru diviralkan, daripada viral dulu baru diketahui dan mengulurkan tangannya, jangan lamban lah,” ungkap Samsuddin.
Sekedar informasi, kehidupan pilu dijalani Muhammad Ashabul Kahfi (6) anak pemulung yang menderita kurang gizi hingga lumpuh. Mirisnya lagi, dia beserta lima anggota keluarga lainnya harus tinggal di satu bangunan semi permanen tanpa parabotan lengkap.(*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga  Identitas 2 Korban Tabrak Lari Terkuak, Tertabrak Saat Cari Makan

Baca Juga

Wagub Jatim Sebut AMSI Bisa Jadi Sumber ‘Big Data’ Terbesar

PASURUAN,- Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengungkapkan banyak perubahan pola terjadi dalam beberapa …