Kerusakan Dampak Banjir Rob Diperbaiki Bulan Depan

PAITON – Robohnya tembok gudang ikan asin milik Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo di Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton akibat banjir rob, Kamis (27/5/2021) lalu segera diperbaki. Pemkab Probolinggo sudah menyiapkan dana ratusan juta untuk perbakan tembok yang rusak.

Kasi Mutu dan Diversivikasi Produk Perikanan Diskan Kabupaten Probolinggo, Agus Syaiful Rizal mengatakan, saat ini kerusakan tembok gudang yang sedang disewakan kepada warga sekitar sudah mencapai 40 meter.

“Di mana 23 meternya memang sudah rusak terkena terjangan ombak sejak Januari lalu, dan 7 meter baru roboh saat terjadi banjir rob kemarin. Dan rencana perbaikan sudah kami siapkan,” kata Syaiful Rizal, Selasa (1/6/2021).

Semula, lanjut Rizal, anggaran perbaikannya mencapai Rp 1,5 miliar. Namun akibat adanya refocusing penanggulangan Covid-19, kini jumlah dana yang diaggarkan berkurang menjadi Rp800 juta. Nantinya, anggaran tersebut bukan hanya ditujukan untuk perbaikan pagar.

“Namun juga akan dibuat penangkis ombak. Agar pagar gudang tersebut tidak mudah jebol atau roboh ketika ada banjir rob lagi. Untuk pagarnya saja panjangnya 65 meter, yang akan diperbaiki dengan pondasi dan juga bangunannya,” ujarnya.

Untuk tahapan perencanaan, sambung dia, perbaikan gudang, tembok dan penangkis ombak tersebut sudah mulai dikebut. Sehingga nantinya ketika terjadi banjir rob kembali. Gudang tersebut tidak lagi dikepung air banjir rob yang menerobos masuk melalui pagar yang jebol.

“Kalau untuk perbaikan gudangnya sudah proses lelang. Sedangkan untuk penangkis ombak dan pagar masih dalam proses permohonan tim pokja untuk melakukan upload lelang, insyaallah akan dimulai bulan depan,” tutupnya.(*)

Editor : Ikhsan Mahmud
Publisher : Albafillah

Baca Juga  Terancam Pidana, Pembuangan Sampah di TPS Mulai Teratur

Baca Juga

Murni Kelalaian Pengendara, Penyelidikan Laka Moge Dihentikan

Probolinggo,- Polres Probolinggo Kota menghentikan penyelidikan kasus kecelakaan motor gede (moge) yang mengakibatkan dua orang …