Banjir Rob, Puluhan Haktare Tambak Garam di Kalibuntu Terancam

KRAKSAAN,- Banjir rob pasca gerhana bulan terjadi di beberapa daerah pesisir di Kabupaten Probolinggo. Salah satunya di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, yang mengancam sampai puluhan hektare petani garam sekitar dan aktivitas warga lainnya.

Ketua Kelompok Petani Garam Desa Kalibuntu Sejahtera, Suparyono mengatakan, total keseluruhan tambak di Desa Kalibuntu sekitar 20 hektare. Banjir rob yang terjadi setiap tahun kembali mengancam produktivitas petani garam.

“Kalau sampai banjir rob masuk ke tambak, sudah pasti kita kewalahan, selain berdampak ke ekonomi petani juga produksinya akan molor, biasanya kalau cuaca biasa itu bisa 7 sampai 10 hari. Tapi kalau kena banjir rob bisa sampai sebulan,” kata Suparyono, Kamis (27/5/2021).

Kedatangan banjir rob, lanjut Suparyono, memang seperti tamu langganan, sehingga masyarakat sekitar paham jika sudah mendekati bulan 6 atau bulan 12 pasti akan datang banjir rob dan biasanya itu terjadi dua sampai empat hari.

“Sampai saat ini masih setinggi lutut orang dewasa tinggi air, puncaknya biasanya nanti malam bisa lebih tinggi lagi, jika melalui pinggir laut, kalau sekarang melalui sungai. Baru setelah hari ketiga atau keempat itu sudah mulai turun,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Liannah (50), warga Desa Kalibuntu. Menurutnya, banjir rob sudah biasa terjadi dan bahkan warga sudah menganggapnya hal biasa. Namun, tidak semua rumah warga terdampak hingga air ke dalam rumah.

“Ya, paling yang rumahnya lebih rendah saja, kalau rumah lainnya paling hanya sampai pondasinya saja. Ya seperti biasa, kalau sudah datang banjir kayak gini, bisa jadi mainan anak-anak dan sedikit mengganggu aktivitas saja,” ujarnya.(*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga  Tak Ditilang, Puluhan Pelanggar Lalin Diajak Doa Bersama

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …