Jutaan Ekor Ubur-ubur ‘Serang’ Perairan Probolinggo, Warga Takut

MAYANGAN,- Ubur-ubur yang jumlahnya diperkirakan jutaan ekor, memenuhi perairan utara Probolinggo, tepatnya di area Pelabuhan Tanjung Tembaga Mayangan. Kerumunan biota laut itu mulai terlihat di permukaan laut sejak sepekan terakhir.

Pantauan PANTURA7.com pada Selasa (18/5/21), hampir seluruh perairan di area pelabuhan Mayangan penuh ubur-ubur. Tak hanya di tempat bongkar muat ikan, tetapi juga nampak di dermaga sandar kapal balai.

Salah satu pemancing di area pelabuhan, Didik Suherman menuturkan, sejak munculnya ubur-ubur, ia jarang mendapat ikan hasil pancing. Ia menduga, ikan yang hendak makan umpan pancingnya kabur lantaran ada ubur-ubur.

“Saya sudah satu jam memancing di lokasi ini, tapi belum dapat ikan. Barangkali ikannya kabur lantaran banyaknya ubur-ubur yang berenang di perairan sini,” ujar pemancing asal Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan ini.

Yang mengkhawatirkan, hewan yang dikenal kerap menyemburkan cairan penyebab gatal-gatal itu, juga memenuhi perairan Pelabuhan Perikanan Mayangan sisi barat. Padahal kawasan itu biasa dimanfaatkan warga untuk berendam alias kum-kum.

Seorang pengunjung pelabuhan, Margo Mulyono mengatakan, ia cukup khawatir dengan banyaknya ubur-ubur di area pelabuhan. Meski selama ini ubur-ubur di tempatnya berendam tak sebanyak di lokasi lain, tetap saja ia merasa takut.

“Selama saya berenang disini, ubur-ubur ini muncul sejak tiga hari yang lalu. Ya takut juga sih, katanya kalau tersentuh bisa gatal-gatal ke kulit,” ujar warga Kelurahan Pulang, Kecamatan Kademangan ini. (*)

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Albafillah

Baca Juga  Aksi Color Run di Dringu Diwarnai Aksi Tawuran

Baca Juga

Murni Kelalaian Pengendara, Penyelidikan Laka Moge Dihentikan

Probolinggo,- Polres Probolinggo Kota menghentikan penyelidikan kasus kecelakaan motor gede (moge) yang mengakibatkan dua orang …