Menu Favorit Buka Puasa, Ikan Asap Merayap ke Pedesaan

KRAKSAAN, Usaha ikan asap di jalur pantura Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo terus berkembang. Bahkan pada Ramadhan tahun ini, usaha makanan seafood itu sudah banyak merayap ke berbagai tempat. Tidak hanya di jalur pantura tetapi juga menyebar ke berbagai pelosok lain.

Usaha ikan asap itu banyak juga ditemukan di beberapa daerah, seperti di Kecamatan Kraksaan, Krejengan hingga Besuk, dan beberapa wilayah lainnya. Mereka menggunakan drum besar yang dipotong separo untuk dijadikan alas panggang.

Ikan-ikan yang dijual pun tak jauh beda dengan jenis ikan asap si Kecamatan Dringu. Sejak bulan puasa ini usaha tersebut banyak dikelola warga dan menjadi pusat buruan ibu-ibu rumah tangga untuk menu tambahan atau pun menu pelengkap berbuka puasa.

Nurdin, salah satu pedagang ikan asap di Kecamatan Kraksaan mengatakan, usaha itu mulai dilakukannya sejak awal bulan puasa. Hal itu terkait dengan peminat ikan asap yang banyak berdatangan. Terlebih lagi, di wilayah Kraksaan dan sekitarnya, usaha tersebut jarang sekali ditemukan.

“Dengan memanfaatkan momen Ramadhan, sangat tepat untuk memulai usaha sederhana ini. Bahkan, saya yang awalnya pesimis, tak menyangka dagangan saya bakal menjadi perhatian dan buruan warga setiap harinya untuk menu buka puasa,” kata Nurdin, Senin (26/4/2021).

Seperti para pedagang ikan asap lainnya, menurut dia, usaha ikan asap tersebut dimulai sejak ashar, hingga menjelang buka puasa. Terkadang, saat pesanan ramai, ia harus rela buka puasa di lapaknya agar ketersediaan ikan asapnya habis.

“Setiap hari pasti ada yang beli, dan alhamdulillah sejak awal puasa sampai sekarang tetap saja tidak sepi. Untuk harganya bervariasi, tergantung jenis ikan dan ukurannya. Tapi saya tidak menjual lengkap seperti penjual ikan asap di Dringu,” katanya.

Baca Juga  Polisi Janjikan Manajemen PT SKI Diperiksa Selasa Depan

Sementara itu, Diah Rindiawati, warga Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan mengatakan, ada citarasa tersendiri dalam ikan asap tersebut jika disajikan untuk menu berbuka puasa. Apalagi harganya sangat bersahabat dengan isi dompet.

“Mau beli ke Dringu terlalu jauh. Beruntung bisa dapat di sini. Kalau puasa sebelumnya, jarang menu buka puasa pakai ikan asap, karena memang jauh untuk belinya. Kecuali benar-benar ingin makan ikan asap,” kata ibu dua anak ini.(*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah


 

Baca Juga

Susul Bawang Merah, Harga Cabai Rawit dan Cabai Besar Juga Naik

Probolinggo,- Selain bawang merah yang harganya naik, dua komoditas dapur cabai rawit dan cabai besar …