TERGENANG; Salah satu titik kerusakan di Jl. Gununggangsir, Kecamatan Beji, tergenang air hujan. (foto : Moh. Rois)

Jalan Gununggangsir Rusak Parah, Perusahaan Diminta Tanggungjawab

BEJI,- Puluhan titik kerusakan jalan terlihat di Jl. Raya Gununggangsir, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan. Pemerintah desa meminta sejumlah perusahaan yang kendaraannya sering melintas di jalan antar kecamatan itu ikut bertanggungjawab.

Kepala Desa Gununggangsir, Dewi Noer Alifa menegaskan, perusahaan harus ikut membantu perbaikan jalan karena armada-armada perusahaan yang melintasi berdampak pada kerusakan jalan. Kerusakan jalan, juga menyebabkan kecelakaan kerap terjadi.

“Jalan yang rusak ini sudah banyak makan korban. Perusahaan juga punya kepentingan, armada untuk mengangkut barang kan lewat di jalan Gununggangsir. Kami harap masing-masing perusahaan membantu kami, sembari menunggu perbaikan dari dinas,” kata Dewi, Kamis (8/4/21).

Camat Beji M. Agus Masyhadi menambahkan, ada sekitar 22 perwakilan perusahaan diundang oleh Camat di Balai Desa Gununggangsir untuk membahas peran perusahaan terhadap perbaikan jalan, beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan itu, jelas Camat, disepakati bahwa perwakilan perusahaan membentuk paguyuban yang nantinya akan berkoordinasi dengan pemerintah untuk melakukan perbaikan jalan.

“Kami melibatkan perusahaan yang ada di Desa Gununggangsir untuk bisa ikut peduli dalam pemeliharaan jalan. Harapannya bisa bantu pemerintah selagi menunggu pemeliharaan rutin dari Bina Marga,” papar Agus.

Dikatakannya, paguyuban perusahaan pada akhirnya sepakat dan bersedia untuk membantu perbaikan jalan di Desa Gununggangsir. Namun demikian, belum dipastikan bentuk bantuan yang akan disalurkan.

“Apakah bentuk uang, atau materiil, yang nanti jalannya dicor atau bagaimana, belum jelas, namun yang pasti perusahaan sepakat bersedia bantu,” tandas Camat.

Sementara itu, Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan Cahyo Fajar mengatakan, sudah ada rencana perbaikan jalan di Jalan Gununggangsir. Namun, prosesnya masih dalam tahap lelang.

“Jalan yang akan diperbaiki sepanjang 300 meter, dari panjang jalan 1,5 kilometer. Kita perbaiki spot-spot saja,” ucap Cahyo.

Baca Juga  Pengakuan Tersangka Pembunuhan Ibu-anak di Kota Pasuruan, Rencanakan Pembunuhan Satu Keluarga Sejak Jauh Hari

Dikonfirmasi terpisah, Koordinator Paguyuban Perusahaan Desa Gununggangsir Ahmad Effendi menyebut, perusahaan bersedia membantu perbaikan jalan di Desa Gununggangsir. Bersama Dinas PU Bina Marga, pihaknya tengah mengukur kerusakan volume jalan.

“Setelah ketemu volume kerusakannya, nanti kita rapatkan lagi, kami bantu berapa,” demikian kata Effendi. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Albafillah


 

Baca Juga

Mandi di Sungai, Bocah di Purwosari Pasuruan Ditemukan tak Bernyawa

Pasuruan,- Bocah berusia 7 tahun, D-E-R-K, ditemukan meninggal dunia akibat diduga tenggelam di Sungai Babatan, …