Cegah Kecelakaan, Kelayakan Bus Diperiksa

KADEMANGAN-PANTURA7.com, Satlantas Polres Probolinggo Kota b RT bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo, mengecek kelayakan bus, Jum’at siang (19/02/21). Pemeriksaan dilakukan di sebuah garasi di Kelurahan Triwung Kidul, Kecamatan Kademangan.

Kasat Lantas Polres Probolingho Kota, AKP Roni Faslah mengatakan, pemeriksaan bus itu untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait bus jalan. Selain itu, guna antisipasi dini terjadinya kecelakaan lalulintas.

“Komponen yang kami periksa mulai dari rem, lampu-lampu, hingga kondisi ban. PO bus juga kami minta tertib menjaga bus sehingga tetap dalam kondisi baik,” ujar Roni.

Mantan kanit PJR Jatim 2 ini menambahkan, pemeriksaan bus akan terus dilakukan di sejumlah garasi milik perusahaan otobus (PO) yang tersebar di Kota Probolinggo.

“Selain itu, ada pemeriksaan KIR atau uji kelayakan kendaraan yang akan kita lakukan secara rutin,” tandas dia.

Sementara itu, Koordinator Operasional Parisiwata PO bus yang bermarkas di Kota Probolinggo, Abdul Rahman, mengatakan selama pandemi penghasilan perusahaan menurun drastis.

“Namun dengan keluarnya keputusan Kementerian Perhubungan yang membolehkan mudik tahun ini, kami bergairah lagi, dan kami nyatakan seluruh armada siap,” ucap Rahman.

Ia juga memastikan bahwa armada bus di perusahaannya yang berjumlah 80 unit, kondisinya layak jalan semua. “Ada perawatan rutin disini sehingga semua armada dalam kodisi prima,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, Bus Restu menabrak truk tronton di Tol Surabaya-Mojokerto (Tol Sumo), Kamis (18/3/21) sekitar pukul 10.00 WIB. Insiden ini menewaskan satu orang dan melukai 4 korban lainnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Albafillah


Baca Juga  Pemilu 2024 di Depan Mata, Gus Dokter ini Beri Pesan Penting bagi Penyelenggara

Baca Juga

Pemkab Lumajang Sibuk Stabilkan Harga Pangan, Kekeringan Terabaikan

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab Lumajang) tengah gigih menjaga stabilitas harga beras di pasaran. Meski demikian, …