PWI Mewarnai Jurnalisme ‘Check and Balance’

KANIGARAN-PANTURA7.com, Setelah audiensi dengan Bupati Probolinggo, P. Tantriana Sari, awal Februari lalu, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Persiapan Perwakilan Probolinggo ganti beraudiensi dengan Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin.

Audiensi dengan orang nomor satu di Kota Probolinggo itu digelar di Rumah Dinas Wali Kota, Jl. Panglima Sudirman, Kecamatan Kanigaran, Selasa (9/3/2021). Masa pandemi membuat undangan peserta audiensi dibatasi.

Ketua PWI Persiapan Perwakilan Probolinggo, HA. Suyuti menyampaikan, PWI Probolinggo lahir kembali (reborn) setelah 10 tahun vakum. Dijelaskan Suyuti kepada Wali Kota, salah satu fungsi PWI adalah meningkatkan kapasitas wartawan di Probolinggo.

“Kami merangkul teman-teman media untuk bersama-sama meningkatkan kapasitas dan siap bersinergi dengan Pemerintah Kota Probolinggo,” terang Suyuti.

Suyuti juga menceritakan sejumlah kegiatan yang telah digelar dan rencana kegiatan yang menjadi program kerja PWI Persiapan Perwakilan Probolinggo kepada Wali Kota.

“Kami sudah mulai aktif sejak tahun 2020. Untuk rencana kegiatan selanjutnya, kami akan mengadakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW),” Suyuti menjelaskan.

Wali Kota menyambut baik lahirnya kembali PWI di Kota Probolinggo. Ia berharap, organisasi profesi itu menjadi wadah diskusi bagi para pelaku media agar tidak terjadi misskomunikasi di kemudian hari.

“Kami menaruh kepercayaan kepada PWI. Dengan adanya PWI, bagaimana caranya agar seluruh rekan media bisa dirangkul dan bisa sama-sama mematuhi kode etik jurnalistik dalam pemberitaan,” wantinya.

Jangan sampai, sambung Wali Kota, dalam pemberitaan media tidak menerapkan check and balance, apalagi menempatkan satu pihak sebagai sasaran tembak. Media menurutnya, harus objektif dan independen.

“Dalam pemberitaan, semua pihak yang disebut diberi ruang dan kesempatan yang sama untuk memberikan klarifikasi. Saya harap PWI bisa mewarnai jurnalisme check and balance dan ikut membangun Kota Probolinggo menjadi lebih baik,” tandas Wali Kota. (*)

Baca Juga  Jebol Kandang, Kawanan Maling Gondol Dua Ekor Sapi

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga

Serba Terbatas, Peribadatan di Klenteng Sumber Naga Tetap Khidmat

MAYANGAN-PANTURA7.com, Umat Konghucu di Kota Probolinggo, Kamis (11/2/2021) malam, menggelar peribadatan menyambut Tahun Baru Imlek …