Puting Beliung Terjang Puluhan Rumah, 2 Bangunan Roboh

BANTARAN-PANTURA7.com, Angin puting beliung menerjang pemukiman warga di 2 kecamatan wilayah Kabupaten Probolinggo, Rabu (3/2/2021) sore. Dua bangunan roboh dan sejumlah rumah warga rusak parah akibat musibah ini.

Informasi yang dihimpun PANTURA7.com, putingg beliung menerjang Desa Jorongan, Kecamatan Leces; serta Desa Kropak dan Kramatagung, Kecamatan Bantaran. Puting beliung terjadi saat hujan masih mengguyur pemukiman warga, sekitar pukul 15.50 WIB.

“Angin dari arah barat, terus berputar diatas rumah. Warga semua panik, Allahu Akbar, Allahu Akbar, gitu. Saya juga lari kwatir rumah tertimpa pohon roboh,” kata Aminah, warga Dusun Bintaosan, Desa Kropak.

Di kampungnya, jelas Aminah, puting beliung merobohkan dua bangunan semi permanen, yakni kandang sapi dan dapur milik Sayuni. Selain itu, puting beliung memporak-porandakan dapur milik Pi’ien, Asianto dan atap rumah Sudi Madin.

“Itu yang rusak berat, yang rusak ringan hanya atap dan genteng yang diangkat angin banyak. Pohon-pohon disini juga banyak roboh, namun tidak sampai menimpa rumah,” tutur Aminah.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Sugeng S. Yoga menyebut, angin kencang juga yang terjadi Desa Kramatagung menyebabkan sejumlah pohon tumbang.

“Pohon tumbang itu mengenai atap rumah warga atas nama Sama dan Saturi sehingga mengalami kerusakan,” terang Sugeng.

Ia menambahkan, bencana serupa juga terjadi di Desa Jorongan, Kecamatan Leces, tepatnya di Dusun krajan I dan Dusun Krajan II. Di kawasan itu, sedikitnya 5 bangunan terdampak puting beliung dengan tingkat kerusakan berbeda.

“Data sementara di Desa Jorongan, ada satu rumah rusak berat, satu rumah rusak ringan, satu rumah rusak pada bagian atap, satu dapur rusak dan sebuah gudang kerajinan rusak berat akibat tersapu puting beliung,” papar Sugeng.

Baca Juga  Brakk!! Laka Beruntun Timpa Rombongan Humas Pemkab Probolinggo

Menurut Sugeng, pihaknya sudah mengirim petugas ke tiga lokasi terdampak puting beliung itu untuk proses ‘assesment’. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materiil saja,” pungkas dia. (ST1)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Heboh Penemuan Mayat di Kali Regoyo Lumajang, Ternyata ini Faktanya

Lumajang,- Warga Desa Regoyo, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang dihebohkan dengan penemua mayat yang nyangkut dibebatuan …