Segera Gelar Vaksinasi, Satgas ‘Screening’ Pejabat Publik di Pasuruan

BANGIL-PANTURA7.com, Pasca menerima ribuan botol vaksin sinovac, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan segera melakukan vaksinasi massal. Vaksinasi itu rencananya akan digelar, Kamis, 28 Januari 2021.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pasuruan, Ani Latifah mengatakan, penerima vaksin pertama nantinya adalah 10 orang pejabat publik, disusul tokoh agama, tokoh masyarakat, lalu tenaga kesehatan (nakes), yang memenuhi persyaratan.

“Kalau tidak memenuhi persyaratan, akan ditunda untuk mengikuti vaksinasi berikutnya,” kata Ani ditemui di Posko Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Selasa (26/01/2021).

Ia menjelaskan, ada 16 item kriteria yang harus dipenuhi oleh penerima vaksin. Diantaranya tensi darah dan kadar gulanya baik dan sudah menjalani rapid antigen. Jika penerima sudah memenuhi syarat, maka vaksinasi dapat dilakukan.

“Misalnya ada yang darah tinggi, kita obati dulu sampai darahnya normal dan nanti akan diikutkan pada vaksinasi periode berikutnya,” beber dia.

Agar vaksinasi berjalan sesuai target, lanjutnya, Tim Satgas Covid Penanganan Covid-19 melalui Dinkes melakukan screening kesehatan. Tujuannya, untuk mengetahui kelayakan kondisi penerima vaksin pada tahap pertama.

“Setelah 10 orang ini divaksin, nanti akan di ikuti oleh nakes di 33 puskesmas pada hari itu juga. Harapannya nanti bisa memotivasi masyarakat untuk mau divaksin,” tandasnya.

Pantauan PANTURA 7.com, 10 pejabat utama yang mengikuti screening kesehatan diantaranya Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Dandim 0819 Pasuruan Letkol Arh H Burhan Fajari Arfian, Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan dan jajaran forkompinda lainnya.

Lalu ada Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan, Ketua PCNU Bangil, Ketua Muhammadiyah Kabupaten Pasuruan, Ketua Badan Musyawarah Antar Gereja (BAMAG), Ketua Persatuan Dokter Umum Indonesia (PDUI), Ketua Asosiasi Klinik Indonesia Kabupaten serta sejumlah nakes.

Baca Juga  Hafiz Habibullah, Anggota Paskibraka Nasional asal Kab. Pasuruan Banjir Penghargaan

Kabupaten Pasuruan menerima 1.160 botol vaksin sinovac dari Dinkes Jatim. Vaksin Anti virus korona itu datang pada Senin (25/01/2021) malam dengan kawalan ketat aparat kepolisian. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Seribuan Kasus DBD di Kab. Probolinggo jadi yang Tertinggi di Jatim

Probolinggo,- Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Probolinggo terbilang cukup banyak. Sepanjang tahun ini …