Vaksin Sinovac tak Jamin Warga Aman Covid-19, Kok Bisa?

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Tiga hari kedepan, vaksinasi Covid-19 secara massal bakal dilakukan Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Probolinggo. Meski demikian, Satgas Covid-19 meminta penyuntikan cairan antibodi itu tidak membuat masyarakat terlena.

Juru Bicara (Jubir) Kepala Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Vironica mengatakan, vaksinasi Covid-19 rencananya dibagi menjadi dua tahap. Dalam penyuntikan pertama, warga yang divaksin akan memilik anti bodi 52 persen.

“Baru setelah disuntik vaksin kedua, tubuh kita memiliki anti bodi sebanyak 94 persen, namun itu berlaku setelah sepekan dari penyuntikan vaksin kedua,” kata dr. Viro, sapaan akrab dr. Dewi Vironica, Senin (11/1/2021).

Menurut dr. Viro, vaksin sinovac yang akan disuntikkan membuat tubuh seseorang memiliki gejala ringan. Jika imunnya kuat, maka orang tersebut tidak akan mengalami gejala meski baru saja disuntik vaksin.

Satu hal yang perlu difahami, jelas dr. Viro, tidak ada jaminan bahwa seorang yang sudah divaksin akan terhindar dari penularan Covid-19. Syarat mutlaknya, tegas dia, tetap menerapkan protokol kesehatan seolah-olah belum divaksin.

“(Vaksin) tidak menghalangi virus itu masuk ke tubuh kita. Kalau kita tidak memakai masker, menjaga jarak dan tidak rutin mencuci tangan, ya tetap terjangkit virus. Hanya saja, kalau sudah divaksin virus yang masuk ke tubuh akan langsung mati,” tuturnya.

Dalam tahap awal vaksinasi di Kabupaten Probolinggo, lanjut dr. Viro, sementara sasaran utamanya adalah para tenaga kesehatan (Nakes). Sebab, nakes merupakan petugas yang memiliki kontak erat dan melayani langsung masyarakat.

“Kita juga sudah mensosialisasikan kepada nakes agar berpartisipasi langsung dalam vaksin ini. Karena nakes ini kontak langsung dengan masyarakat, otomatis harus memiliki anti bodi yang lebih,” ungkap dokter kelahiran Kota Balikpapan ini.

Baca Juga  Rawan Penularan Covid-19, Semua Objek Wisata Ditutup

Sekedar informasi, vaksinisasi di Kabupaten Probolinggo dijadwalkan digelar Kamis (14/1/2021) ini. Sebanyak 3.626 nakes, disusul petugas pelayan publik sejumlah 1. 652 orang bakal divaksin sebagai kelompok prioritas. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Manfaat Mengkonsumsi Nasi Beku bagi Tubuh, Jaga Berat Badan dan Sembuhkan Diabetes

Probolinggo,- Mengkonsumsi nasi beku dalam beberapa waktu terakhir menjadi tren di kalangan masyarakat. Selain membuat …