Seratusan Pedagang Tunggak Retribusi, Nominalnya Segini

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Ratusan pedagang di Pasar Semampir Kraksaan, Kabupaten Probolinggo  memilih meliburkan diri selama 2 hari guna menghindari rapid antigen yang digelar Satgas Covid-19 di depan pasar. Tindakan sepihak pedagang ini, dinilai bisa berdampak terhadap retribusi pasar.

Plt Kepala Dinas Perindustian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo, Taufiq Alami mengatakan, selama 2020 target Pendapatan Asli Daerah (PAD) belum tercapai seluruhnya. Penyebabnya, banyak pedagang yang menunggak pembayaran.

Seharusnya, kata mantan Camat Gading ini, target PAD sudah tercapai pada Desember lalu. Namun hingga awal Januari ini, target PAD senilai Rp. 2,5 miliar belum terpenuhi. Padahal jumlah target PAD ini sudah dikurangi dari patokan awal Rp 3,8 milliar.

“Masih ada pedagang yang menunggak untuk membayar retribusi, utamanya pedagang pasar Leces dan Banyuanyar. Nah saya juga dapat kabar, bahwa di Pasar Semampir pedagang kompak libur karena takut tes rapid antigen,” kata Taufiq, Rabu (6/1/2021).

Dijelaskan Taufiq, sedikitnya ada 100 orang pedagang se Kabupaten Probolinggo yang belum menbayar retribusi tahun 2020. Jika ditotal, tunggakan PAD yang terhutang oleh pedagang nominalnya sekitar Rp. 14 juta.

Atas kondisi itu, Taufiq mengaku akan menyurati para pedagang ‘nakal’ itu secepatnya. Surat tersebut sebagi bentuk teguran kepada pedagang agar segera melunasi tunggakan retribusinya.

“Retribusi yang belum bayar itu akan masuk pada piutang di 2021. Semua akan kami surati, tak terkecuali pedagang yang memilih libur (saat rapid antigen),” jelas dia.

Jika nanti pedagang yang memiliki tunggakan retribusi tidak mengindahkan surat teguran, jelas Taufiq, pihaknya bakal menarim izin usaha pedagang tersebut.

“Telat sebulan, akan kami SP (Surat Peringatan, red) sampai 3 kali dan kalau masih SP 3 tidak diindahkan, maka kami akan cabut izin usahanya,” ancamnya. (*)

Baca Juga  Kabar Baik! Polres Probolinggo Rekrut Para Difabel jadi Pegawai

Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Berusia Hampir 3 Abad, Begini Sejarah Berdirinya Kabupaten Probolinggo

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, menggelar upacara Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) ke-278, Kamis (18/4/24) …