Ditutup Karena Langgar Prokes, Pengelola Wisata Gili Ketapang Kapok

SUMBERASIH-PANTURA7.com, Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo menutup wisata Snorkeling Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih. Penutupan tersebut diberlakukan setelah pengelola wisata dinilai tidak menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Penutupan wisata di Pulau Gili Ketapang imbas dari membeludaknya wisatawan yang berkunjung ke wisata bahari itu. Pertimbangan lainnya, banyak wisatawan tak mengindahkan prokes selama mengunjungi tempat wisata selama libur tahun baru.

“Sebelum ditutup, kami sudah menerapkan prokes seperti yang dianjurkan pemerintah. Mungkin karena khawatir penularannya makin tidak terkendali sehingga membuat Satgas mengambil tindakan,” kata salah satu operator Wisata Snorkeling Gili Ketapang, Abdul Muis, Minggu (3/1/2021).

Menurut Muis, pasca penutupan yang berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu (2-3/1/2021) itu, pihaknya berjanji akan memperketat penerapan prokes bagi para pengunjung. Hal tersebut, demi kemaslahatan bersama, khususnya pengelola wisata di Probolinggo.

“Kebetulan wisata disini (Gili Ketapang) hanya ditutup dua hari oleh satgas, dan di hari terakhir ini kami jadikan aktivitas untuk melangkapi sarana prasarana penerapan prokes. Ya semoga saja, tidak sampai ditutup lagi,” ujar Alumnus Pesantren Zainul Hasan Genggong ini.

Sementara itu, Koordinator Penegakan Hukum (Gakkum) Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto menyampaikan, pihaknya tetap akan memantau tempat-tempat wisata dalam penerapan prokes.

“Kami pantau, kalau memang nanti ada wisata tidak mentaati anjuran pemerintah diantaranya penerapan prokes dan penerimaan kunjungan tidak lebih 30 persen, maka akan kami tutup lagi,” tegas pria sekaligus Kepala Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo ini.

Diketahui, aktifitas wisata Bermi Eco Park di Desa Bermi, Kecamatan Krucil ditutup Satuan Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo karena dinilai melanggar prokes. Setelahnya, Wisata Gili Ketapang juga ditutup dengan alasan yang sama. (*)

Baca Juga  Dari Candi Jabung, Seniman Ulurkan Tangan Untuk NTB

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …