Teknologi Menyelamatkan Perekonomian di Saat Pandemi, Bagaimana Caranya?

Pengirim : Intan Nur Aini*


Dampak covid-19 terhadap perekonomian memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Untuk itu, mengatur ulang strategi menejemen operasional dan meningkatkan teknologi bagi produsen sangatlah penting terutama untuk perusahaan yang memproduksi banyak barang di kondisi pandemi saat ini.

Banyak sekali perusahaan yang hasil pendapatannya semakin hari semakin menurun karena distribusi produk tidak berjalan dengan lancar dan hasil produksinya menurun bahkan sampai menghentikan produksinya.

Upaya yang harus kita lakukan yaitu mengubah menejemen opersional, dimana produkis dan penjualan yang seharusnya di kerjakan oleh karyawan diganti dengan menggunakan teknologi yang mendukung agar dapat memproduksi barang dan menditribusikannya dengan efektif.

Mengapa demikian? Karena salah satu hal yang dapat menghambat hal tersebut dalam menejemen operasional perusahaan saat pandemi yaitu tenaga kerja diingat dalam kondisi pandemi setiap orang di haruskan untuk melakukan social distancing.

Maka upaya yang paling tepat di gunakan dalam masalah produksi yaitu meningkatkan teknologi yang mendukung produksi dan distribusi sehingga perusahaan tetap dapat beroperasi dengan baik di saat pandemi.

Dengan teknologi yang mendukung perusahaan dapat memproduksi produk dengan jumlah yang banyak dan waktu yang lebih cepat, meningkatkan relationship dengan pelanggan,dan mengembangkan aplikasi strategi baru.

Sedangkan dalam pemasaran teknologi dapat membantu dalam hal pemesanan melalui platform atau media sosial seperti instagram dll,pembayaran melalui M-Banking dan informasi keberadaan produk (dikemas, dikirim ataupun sudah sampai).

Sehingga konsumen lebih nyaman dalam melakukan pembelian mengingat dalam kondisi pandemi saat ini masyarakat diharuskan untuk sangat berhati- hati dalam melakukan kegiatan diluar rumah agar tidak tertular covid-19.

Dengan teknologi yang mendukung perusahaan juga dapat mengurangi biaya operasional dan biaya upah sehingga pendapatan yang di terima oleh perusahann lebih besar.

Baca Juga  Dahului Pikap, Motor vs Motor, Nyawa 2 Pemuda Melayang

Sedangkan pengaruh teknologi dalam perusahaan jasa seperti grab, gojek, KAI, dan guest house berguna untuk memudahkan dalam pemesanan sehingga kita tidak diharuskan datang langsung untuk memesan pelayanan yang kita butuhkan.

Dalam sistem pembayaran yang dapat dilakukan dalam cepat dan mudah, yang biasanya dilakukan dalam tunai dengan adanya teknologi kita dapat melakukan pembayaran dilakukan ovo, dana, dan gopay.

Kesimplannya teknologi memegang peran sangat penting dalam mendukung proses bisnis.jadi pandemi bukan suatu alasan untuk membuat perekonomian perusahann semakin menurun.

Bahkan perusahaan dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar dengan menggunkan teknologi yang mendukung operasional perusahaan dan dapat melakukan aktivitas bisnis tanpa harus membahayakan diri baik produsen maupun konsumen. (*)


*Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Baca Juga

Dilema dan Dampak Politik Dinasti

*Pengirim : Mujibur Rahman Apakah kita kita masih asing dengan istilah Politik Dinasti? Seperti apakah …