Pandemi, Nelayan TPI Paiton Digerojok Masker Gratis

PAITON-PANTURA7.com, Pedagang ikan dan para nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo girang bukan main. Kegirangan mereka bukan karena mendapat rejeki melimpah.

Melainkan karena mendapat masker gratis yang ditebar oleh sejumlah aktivis lingkungan, Senin (30/11/2020). Sedikitnya, 1000 masker diterima nelayan secara cuma-cuma, sebagian langsung mereka kenakan sebagai pelindung pernafasan ditengah aktivitasnya.

Bahkan, ada sekitar 50 pedagang yang meminta masker lebih untuk dibagikan kepada sanak keluarga dan orang terdekatnya di rumah. Ya, maklum saja, selama pandemi Covid-19 melanda, mereka baru dua kali mendapat bantuan masker gratis.

“Hanya sekali (dapat bantuan masker), setelah itu sampai sekarang sudah tidak ada bagi-bagi masker di daerah sini, makanya saya minta lebih nak, buat cucu dan keluarga yang lainnya,” ujar salah seorang pedagang ikan, Sumiati (50).

MASKER GRATIS : Tak hanya nelayan, pedagang ikan di TPI Paiton juga digerojok masker gratis. (Foto : Moh Ahsan Faradies)

Aktivis Lingkungan dari lembaga Format For Green (FFG) Syarful Anam menyampaikan, bagi-bagi masker merupakan wujud empati setelah pihaknya melihat banyak pedagang dan nelayan di TPI yang tidak bermasker ditengah pandemi.

Kebetulan, imbuh Syaful, banyak masker sisa dari aksi Koalisi Laut Biru (KLB) di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton, beberapa jam sebelumnya.

“Karena dalam aksi ini kami juga mengikuti anjuran dari pemerintah untuk menerapkan dan mentaati protokol kesehatan. Hal ini juga sebagai wujud kecintaan kami kepada lingkungan, semoga badai ini segera berlalu,” tutur Syaful. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher: A. Zainullah FT


Baca Juga  Kantong Darah Menipis, PMI Sasar Pasar, Genjot Donor Darah

Baca Juga

Sejak Januari-Maret, Puluhan Warga Kota Probolinggo Terjangkit DBD

Probolinggo,- Selama tiga bulan terakhir, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-P2KB) Kota mendata, …