Pilwali Pasuruan 2020; KPU Perkenalkan Sirekap dalam Simulasi

PURWOREJO-PANTURA7.com, Simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara serta penggunaan aplikasi sistem rekapitulasi secara elektronik (Sirekap) digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pasuruan, Sabtu (21/11/2020).

Simulasi yang digelar sekitar pukul 07.00 WIB di gedung olahraga (GOR) Untung Suropati di Kelurahan Purutrejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Ketua KPU RI Arief Budiman hadir langsung di lokasi ditemani Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Khoirul Anam, Ketua KPU Kota Pasuruan Royce Dianasari, serta jajaran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pasuruan.

Dalam sambutannya, Ketua KPU RI, Arief Budiman mengatakan, simulasi itu digelar untuk melatih KPPS yang akan bertugas saat pemungutan suara pada 9 Desember 2020 berlangsung.

Menurutnya, KPU ingin memastikan bahwa regulasi kepemiluan benar-benar dipahami oleh petugas, “Dengan demikian, potensi konflik sepanjang tahapan pemungutan suara bisa diminimalisasi,” paparnya.

Penerapan sirekap pada pilkada serentak kali ini, lanjutnya, sekaligus menjadi upaya persiapan menuju Pemilu 2024. Apabila sirekap sukses, maka akan dijadikan dasar penetapan hasil pemilihan pada pemilu empat tahun kedepan.

Selain dinilai sangat efisien, menurut Arief, sirekap juga dapat mempercepat waktu rekapitulasi, “Jika dalam pemilihan kepala daerah, penetapan maksimal tujuh hari, maka dengan sirekap nantinya bisa dipersingkat menjadi 6 jam,” pungkasnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Puluhan Warga Probolinggo Pilih Coblos di Luar Negeri, ini Penyebabnya

Baca Juga

Tahapan Pilkada Kota Probolinggo Dimulai, Diawali Pembentukan Badan Adhoc

Probolinggo,- Setelah Pemilu 2024, pada tahun ini juga, KPU akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) …