Sayur dan Bumbu Merangkak Naik

MAYANGAN-PANTURA7.com, Sayur-mayur dan bumbu-bumbuan di pasar-pasar tradisional di Kota Probolinggo merangkak naik sejak awal November 2020. Mulai tomat, cabai, bawang merah, hingga bawang putih harganya naik sejak memasuki musim penghujan.

Pedagang sayur di Pasar Ikan Mayangan, Kota Probolinggo, Lia (27) mengatakan, harga sejumlah komoditas sayur dan bumbu memang naik sejak beberapa hari terakhir. “Bawang merah sekarang Rp30.000 dan bawang putih menjadi Rp21.500 per kilogram, sebelumnya di bawah itu naik perlahan-lahan,” katanya, Jumat (6/11/2020).

Yang paling mencolok kenaikannya adalah tomat yang sebelumnya Rp2.000 menjadi Rp5.000 per kilogram (kg). Tetapi harga tomat yang naik melebihi 100% itu menjadi Rp5.000 itu masih terjangkau karena sebelumnya harga tomat anjlok.

Pedagang sayur lain, Sumiyati (34) membenarkan harga tomat naik menjadi Rp5.000. “Cabai rawit juga naik Rp2-3 ribu per kilogram,” katanya.

Sumiyati mengatakan, harga cabai rawit merah sekarang menjadi Rp20.000/kg. Sedangkan bawang merah normal yaitu Rp30.000/ kg dan bawang putih seharga Rp 22.000/kg.

Sumiyati menjelaskan, salah satu pemicu naiknya tomat di pasar tradisional karena memasuki musim hujan. “Makanya sekarang saya menjual tomat Rp5.000 hingga Rp6.000,” katanya.

Secara terpisah Kepala DKUPP Kota Probolinggo,Fitriawati mengatakan, kenaikan harga sejumlah komoditas memang terpengaruh cuaca (hujan) seperti, tomat.

Selain itu, harga tomat yang sempat anjlok beberapa bulan yang lalu membuat para petani enggan menanam tanaman tomat. “Oleh sebab itu, pasokan tomat berkurang,” katanya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Harga Cabai 'Keriting' Kembali Naik

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …