LECES-PANTURA7.com, Jajaran Polsek Leces, Kabupaten Probolinggo, meringkus AL, (18) warga Dusun Siluman, Desa Bades, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Senin (26/10/2020) malam. Remaja ini diringkus pasca tepergok terlibat pencurian truk.

Pelaku diringkus sekitar pukul 22.30 WIB di pinggir jalan raya Desa Jorongan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo. Saat itu, pelaku hendak mencuri truk nopol L-9516-UV dengan komplotannya, yang seluruhnya berjumlah 9 orang.

Pelaku merencanakan aksinya dengan 8 temannya sekitar pukul 12.00 WIB usai pesta minuman keras (Miras) di sebuah taman umum Kecamatan Pasirian. Pengaruh miras membuat pelaku gelap mata dan merencanakan curi truk.

Sekitar pukul 14.00 WIB, pelaku beserta teman-temannya bergeser ke daerah Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang untuk mencari sasaran. Satu jam kemudian pelaku berhasil menghentikan laju truk yang dikemudikan M. Nurullah (38) warga Kecamatan Dringu.

“Setelah berhasil menghentikan truk yang dikendarai korban, pelaku minta menumpang sebagai modus. Selama diperjalanan, korban menanyakan asal usul pelaku namun jawabannya tidak jelas,” kata Kanitreskrim Polsek Leces, Bripka Eko Aprianto, Selasa (27/10/2020).

Korban, imbuh Apri, mulai curiga setelah melihat gerak-gerik Anak Baru Gede (ABG) itu yang tidak wajar. Selain itu, gerombolan remaja mengendarai sepeda motor terlihat mengikuti dari belakang. Melihat hal itu, korban lalu menghentikan kendaraannya.

“Korban beralasan mau istirahat sambil minum kopi di warung sekitar TKP dan dengan sengaja tidak membawa kunci kontak kendaraannya. Korban mengawasi pelaku dari warung. Sedangkan pelaku masih diam di dalam mobil,” terangnya.

Saat korban menikmati kopi di warung, sambung Apri, tiba-tiba saja ada satu rekan pelaku masuk ke kabin truk lalu bermaksud membawa truk keluar dari tempat parkir. Nahas, truk yang hendak dibawa kabur, terperosok ke selokan.

Baca Juga  Perempuan Baru Melahirkan Dianiaya 4 Orang

“Korban rekannya sesama sopir truk lalu mengejar dan mengamankan pelaku yang bersembunyi di kabin truk. Saat ini pelaku sudah kami amankan,” tutup mantan Kanitreskrim Polsek Sukapura ini. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT