Tanam Stroberi di Dataran Rendah, Siapa Takut?

KANIGARAN-PANTURA7.com, Biasanya warga bertanam stroberi (strawberry) di dataran tinggi seperti di pegunungan. Tetapi Fathur, warga Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo ini nekat bertanam stoberi di dataran rendah.

Namun ia yakin, stroberi yang ditanam di lahan kosong miliknya akan berbuah juga. Meski tidak selebat dan sebagus jika ditanam di kawasan pegununungan.

“Mulanya saya iseng memanfaatkan lahan kosong dengan menanam beberapa pohon stroberi. Saat itu hanya ada lima polybag. Karena memang awalnya juga saya sebenarnya mempunyai hobi bercocok tanam, untuk mengisi waktu luang,” katanya, Selasa (13/10/2020).

Dari berkali-kali bertanam stroberi, ia mengaku, mendapatkan pengetahuan mengenai cara perawatan tanaman tersebut. Ia pun berhasil mengembangkan stroberi hingga mencapai 200 batang.

Ditanya soal pasar, Fathur mengaku, tidak perlu khawatir. Soalnya buah stroberi digemari banyak orang. Media sosial menjadi salah satu alternatif untuk dijadikan sarana bisnis online bagi usahanya tersebut.

Handini, istri Fathur, menambahkan, dirinya sangat mendukung bisnis suami yang saat ini tengah dikembangkan, meskpuni awalnya ia kurang mendukung.

“Dulu itu saya lebih cenderung fokus saja terhadap bisnis jual tanaman seledri di Pasar Minggu di alun-alun. Namun, karena suami tetap ngotot, ya akhirnya saya mendukungnya. Apalagi saat ini saya sendiri mengelola kelompok PKK di sini. Mungkin ini bisa menjadi langkah konkret menuju wanita maju,” tuturnya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Belasan Warga Kota Probolinggo Terjangkit DBD

Baca Juga

Alih Status, Dua Ribuan Wanita di Probolinggo jadi Janda

Probolinggo,- Kasus perceraian di Kabupaten Probolinggo masih cukup tinggi. Sepanjang tahun 2023, Pengadilan Agama (PA) …