Selama September, 229 Wanita di Probolinggo Jadi Janda

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Kasus perceraian di Kabupaten Probolinggo selama September 2020, meningkat drastis. Tak tanggung-tanggung, Cerai Talak (CT) yang diputus oleh Pengadilan Agama (PA) Kraksaan, hampir mencapai 2 kali lipat dibandingkan sebulan sebelumnya.

Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Kraksaan, Safiudin mengatakan, bukan hanya kasus CT, kasus perkara Cerai Gugat (CG) juga mengalami peningkatan. Bahkan, sepanjang September pihaknya memutus perkara CG hingga 140 kasus.

“Dibanding Agustus, pada September kasus perceraian mengalami peningkatan. Bahkan yang CT ini hampir 2 kali lipat dari bulan sebelumnya. Dari 47 perkara di bulan Agustus menjadi 89 perkara di September,” katanya, Selasa (6/10/2020).

Penyebab maraknya perceraian itu, lanjut Safiudin, didominasi oleh pertengkaran yang sering terjadi selama berumah tangga. Selain itu, kondisi ekonomi turut mempengaruhi maraknya angka perceraian.

“Sekitar 60 persen dari perceraian itu karana faktor pertengkaran yang sering terjadi, lalu faktor ekonomi sekitar 30 persen. Sedangkan 10 persen sisanya, karena perselingkuhan, dan tidak dinafkahi,” jelas pria kelahiran Situbondo ini.

Ia berharap pihak keluarga terutama orang tua dapat mengambil peran untuk membimbing anak-anaknya dalam menjalahi kehidupan rumah tangga. Dengan hal tersebut, ia meyakini angka perceraian bisa ditekan.

“Faktor pertengkaran menunjukkan bahwa mereka belum ukup dewasa untuk menjalani kehidupan rumah tangga. Makanya, peran orang tua itu penting untuk terus membimbing anak-anaknya agar tidak sering terjadi pertengkaran yang bisa berakibat perceraian,” imbuh dia.

Ia menambahkan, meski sudah ada ratusan perkara cerai yang berhasil diputus sepanjang September 2020, pihaknya masih mempunyai beberapa perkara cerai yang rencananya akan diproses pada Oktober ini.

“Ada sisa puluhan perkara yang belum sempat diputus pada September, dan insya-Allah bulan ini sudah selesai. Karena memang kami tidak serta-merta memutus perkara, kami masih mencoba melakukan mediasi terhadap yang bersangkutan,” tutupnya. (*)

Baca Juga  Toko Emas dan Pusat Perbelanjaan Disesaki Warga, Satgas Turun Tangan


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …