Akibat Puntung Rokok, Lahan Gambut di Bugulkidul Terbakar

BUGULKIDUL-PANTURA7.com, Musibah kebakaran menimpa lahan gambut di belakang SMK Shalahuddin, Kota Pasuruan, tepatnya di Jl. Majapahit, Kecamatan Bugulkidul, Rabu (30/09/2020).

Pantauan PANTURA7.com di tempat kejadian perkara (TKP), kebakaran tersebut menghanguskan ilalang dan gulma liar di yang berada di lahan sekitar 500 meter prrsegi. Api berhasil dipadamkan sebelum merambat ke pemukiman warga.

Petugas Damkar dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan, Zakaria, mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Si jago merah akhirnya dapat dikendalikan setelah 3 unit Mobil Damkar didatangkan ke TKP.

Menurutnya, penyebab kebakaran ini diduga kuat karena putung rokok yang masih ada sisa bara api dibuang sembarangan, “Sementara diduga karena putung rokok,” papar dia.

Ia menambahkan, pihaknya mendapat informasi soal kebakaran itu dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Pasuruan di Jl. Patimura, Kecamatan Bugulkidul, Kota Pasuruan.
 
“Yang menghubungi tadi dari BLH, dimana salah satu petugas kebersihannya sedang bertugas di lingkungan sekitar lahan tersebut,” tandas  Zakaria.
 
Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan dan  Logistik BPBD Kota Pasuruan, Muhammad Murtadho menyebut, kebakaran ilalang  di wilayah Kota Pasuruan sering terjadi karena terdampak cuacab yang sangat panas.
 
“Penyebabnya masih dalam proses penggalian data. Bisa karena putung rokok, bisa juga terjadi karena ada pembakaran sampah,” jelas Murtadho via jaringan seluler. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Tiga Jam, Dua Pasien Covid-19 Meninggal

Baca Juga

Pasca Banjir Lahar Hujan Semeru, 8 Jembatan Rusak, Warga Kembali Dievakuasi

Lumajang,- Sebanyak 32 Kepala Keluarga (KK) yang berada di Dusun Krajan, Desa Sumberurip, Kecamatan Prononjiwo …