Pasien Covid-19 di Pakuniran Melawan, Tolak Karantina

PAKUNIRAN-PANTURA7.com, Seorang pasien terkonfirmasi Covid-19 asal Kecamatan Pakuniran, menolak kebijakan karantina yang akan diterapkan oleh Tim Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo.

Penolakan itu dilakukan saat petugas melakukan penjemputan si pasien yang berinisial KA (26) tersebut, pada Minggu (13/9/2020) sekitar pukul 17.00 WIB. KA diketahui merupakan karyawan pabrik rokok PT. Secco Nusantara Paiton.

Camat Pakuniran, Hari Pribadi mengatakan, warganya dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 sejak sepekan lalu usai menjalani swab di tempat kerjanya. Namun, kata Hari, rencana karantina ditolak oleh si pasien.

“Oleh pihak perusahaan rencananya mau dikarantina di Kabupaten Jember, tapi menolak. Setelah kami dapat informasi dari pihak perusahaan, dimediasi oleh satgas kecamatan tapi tidak membuahkan hasil,” kata Hari.

Proses mediasi oleh satgas kecamatan, lanjut Hari, sudah dilakukan dua kali tetapi pihak keluarga pasien bergeming. Akhinya langsung melaporkan kepada Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo.

“Kami khawatir kepada keluarganya yang lain, jika yang bersangkutan tidak berkenan dikarantina. Sehingga oleh tim satuan tugas tingkat kabupaten hendak dijemput paksa untuk dibawa ke rumah pengawasan yang sudah disediakan,” ungkap Hari.

Setelah didatangi ke rumahnya, sambung Hari, mediasi alot terjadi. Tim Gugus Tugas Covid-19 bahkan kewalahan memberikan pemahaman kepada pihak keluarga agar pasien berkenan dikarantina.

“Setelah dibujuk, alhamdulilah pihak keluarga berkenan tapi warga saya yang positif Covid-19 ini tidak langsung dibawa oleh tim satuan tugas. Nanti akan diantarkan sendiri oleh keluarga, oleh petugas diberi tenggat waktu sampai besok pagi,” tutupnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Di Jatim, 5 Pasien Positif Corona Dinyatakan Sembuh

Baca Juga

Manfaat Mengkonsumsi Nasi Beku bagi Tubuh, Jaga Berat Badan dan Sembuhkan Diabetes

Probolinggo,- Mengkonsumsi nasi beku dalam beberapa waktu terakhir menjadi tren di kalangan masyarakat. Selain membuat …