Pandemi, Hari Jadi Kota Probolinggo Tetap Semarak, ini Rangkaiannya

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Semarak hari jadi Kota Probolinggo yang diperingati setiap tanggal 4 September, tahun i ni dirayakan secara berbeda. Pandemi Covid-19, membuat pemerintah kota (pemkot) setempat, harus menyesuaikan dengan adaptasi kebiasaan baru.

Meski tetap menggelar sejumlah kegiatan, namun pemkot harus berinovasi agar rangkaian kegiatan tidak menjadi klaster penyebaran virus korona. Salah satu hal yang ditekankan adalah menghindari kegiatan yang mengundang banyak orang.

Tak heran jika rangkaian hari jadi ke 661 Kota Probolinggo banyak yang digelar secara virtual, peserta dibatasi, penerapan sosial distancing hingga penyediaan fasilitas cuci tangan. Mereka yang terlibat dalam rangkaian hari jadi, juga wajib bermasker.

Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin menjelaskan, tema hari jadi tahun ini adalah ‘bersama mewujudkan Kota Probolinggo menjadi lebih baik untuk Indonesia maju’. Dengan tema itu, ia ingin memberikan edukasi bahwa dengan kebersamaan, Kota Probolinggo bisa lebih baik.

“Membangun Kota Probolinggo tidak bisa hanya dengan satu orang saja, namun hars ada kebersamaan untuk memberikan masukan demi membangun Kota Probolinggo yang lebih baik lagi,” kata Hadi.

Berlangsung Satu Bulan

Rangkaian hari jadi Kota Probolinggo tahun ini, tetap semarak meski digelar ditengah pandem. Diawali apel hari jadi di halaman pemkot, lomba membuat vlog, launching rumah ibadah tangguh, pemecahan rekor dunia makan nasi jagung hingga penanaman serentak tanaman kelor, pada Jum’at (4/9/2020).

Esok harinya, Sabtu (5/9/2020), rangkaian hari jadi hanya satu kegiatan, yakni Tilik Bayi. Pemkot silaturrahim ke warga kota di 8 lokasi berbeda, yang tanggal lahirnya bertepatan dengan hari jadi Kota Probolinggo.

Pada Minggu (6/9/2020) dan Senin (7/9/2020), kegiatan rangkaian hari jadi berupa hiburan melalui media sosial dan talkshow oleh Forkopimda di Radio Suara Kota FM.

Baca Juga  Puluhan Hektar Pohon Kelapa Diserang Hama Ulat, ini Langkah Pemkab Lumajang

Lalu pada Jum’at (11/9/2020), ada Gowes Wisata Lingkungan yang diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dilanjutkan dengan Gelar Tari Kecak di Pantai Permata Pilang, pada Minggu (27/9/2020).

Giat terakhir adalah Bhakti Sosial hari jadi Kota Probolinggo berupa pembagian sembako bagi warga yang membutuhkan. Kegiatan pamungkas ini belum ditentukan waktunya oleh Dinas Sosial selaku penyelenggara kegiatan. (***)


Editor : Efendi Muhammad

Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Dinilai Langgar Perda, Pemkot Pasuruan Tertibkan PKL di Jl. Sultan Agung dan Pelabuhan

Pasuruan,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan, melakukan penertiban terhadap gerobak pedagang kaki …