Jelang Pilwali, Sistem Pengamanan Mulai Disiapkan

PURWOREJO-PANTURA7.com, Menyambut Pemilihan Umum Walikota (Pilwali) Pasuruan pada 9 Desember mendatang, Polres Pasuruan Kota menggelar Pelatihan Sistem Pengamanan (Sispam) di halaman Gedung Olahraga (GOR) Untung Suropati, Jalan Sultan Agung, Kecamatan Purworejo, Rabu (02/09/20) pagi.

Sispam digelar guna melatih kesiapan personel kepolisian dalam mengamankan Pilkada Serentak 2020 itu. Sispam itu juga melibatkan stake holder yang lain, seperti Kodim 0819 Pasuruan, KPU dan Bawaslu.

Tak seperti simulasi dan strategi pengamanan pilkada pada umumnya, kali ini petugas harus menyesuaikan setiap adegan dengan kebiasaan baru ala protokol Covid-19.

“Simulasi yang diperagakan diantaranya tahapan kampanye, pengiriman kotak suara, hingga pengamanan jalannya penghitungan suara. Tentunya disesuaikan dengan protokol kesehatan Covid-19 karena masih dalam masa pandemi,” kata Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Arman.

Arman berharap Pilwali Kota Pasuruan berjalan dengan aman dan lancar, mulai dari tahapan awal hingga akhir serta menghasilkan pemimpin yang sesuai dengan harapan masyarakat di Kota Pasuruan.

“Harapannya, pilwali berjalan dengan aman, kondusif, sejuk, dan damai,” harap perwira polisi asal Makassar, Sulawesi Selatan ini.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Divisi Program dan Data Kota Pasuruan Mokhamad Zahid menyebut, persiapan sistem pengamanan perlu dilakukan guna mengantisipasi potensi gangguan keamanan selama tahapan pilkada berlangsung.

Dikatakanya, pengamanan pilkada tidak hanya menjadi tanggung jawab kepolisian melainkan juga berbagai pihak, khususnya warga Kota Pasuruan. Oleh karenanya, semua pihak harus bergandengan tangan guna menciptakan pilkada yang aman, jujur dan demokratis.

“Saya kira, dalam hal (antisipasi gangguan keamanan, red) ini, Polres Pasuruan Kota sudah sangat sigap. Contohnya dengan menyelenggarakan simulasi (pengamanan, red) pilwali ini,” beber Zahid. (*)


Editor : Efendi Muhamad

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Pilwali Pasuruan 2020; KPU Siapkan Simulasi Sirekap

Baca Juga

Eks Kajari Pasuruan Daftar Cabup lewat PKB, Siap Saingi Dion-Gus Mujib

Pasuruan,- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah di seluruh Indonesia …