Pertama Dibuka, 470 Wisatawan Kunjungi Bromo

SUKAPURA-PANTURA7.com, Pembukaan kembali wisata Gunung Bromo, Jumat (28/8/2020) langsung disambut dengan berbondong-bondongnya ratusan wisatawan. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mencatat, sekitar 470 wisatawan sudah booking tiket ke Gunung Bromo.

Artinya lebih dari 50% tiket masuk yang sudah dipesan dari kapasitas kuota maksimal 739 orang per hari.

Kepala Seksi Pengelolaan Wisata Wilayah 1 TNBTS, Sarmin mengatakan, pembukaan wisata ini akan dievaluasi setiap minggu. Apabila nanti para pelaku usaha mematuhi Standard Operating Procedure (SOP) yang dibuat bersama empat kabupaten itu dan tidak terjadi klaster baru (Covid-19), kuota pengunjung akan ditambah.

“Setiap minggu evaluasi, kalau membaik kuota pengunjung akan terus kami tambah,” kata Sarmin saat dihubungi via telpon, Jumat (28/8/2020).

Sarmin juga mengimbau untuk tetap patuh dengan SOP yang sudah dibuat, karena memang harus protokol kesehatan harus diterapkan. Bagi pengunjung yg tidak menaati protokol kesehatan, terpaksa petugas akan menyuruh kembali.

“Tadi juga ada ritual adat Tengger secara simbolis pada ke empat pintu masuk untuk menyambut pembukaan wisata di Gunung Bromo,” imbuh Sarmin.

Sementara itu, tokoh Tengger, Supoyo mengatakan, seluruh masyarakat Tengger mendukung kebijakan pemerintah dan merespon positif terhadap reaktivasi Gunung Bromo.

“Karena dengan dibukanya wisata Gunung Bromo, para pelaku usaha dapat berjalan kembali. Terpenting tetap patuh protokol kesehatan, supaya tidak muncul klaster baru,” tandasnya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Pokdarwis-Bumdes ‘Berebut’ Pantai Duta

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …