Kampung Tangguh Asabri Mampu Produksi APD

KANIGARAN-PANTURA7.com. Dari sebanyak 29 kampung tangguh di Kota Probolinggo, salah satunya adalah Kampung Tangguh RW 12 Asabri. Kampung ini tidak sebatas mengedukasi warganya terkait protokol kesehatan, tetapi juga memproduksi masker dan alat pelindung diri (APD).

Hal itu diungkapkan Camat Kanigaran Agus Irianto saat sosialisasi kampung tangguh di RW 12 Perumahan Asabri, Kota Probolinggo, Senin (1/6/2020).

Dikatakan keberadaan sarana dan prasarana kampung tangguh di RW 12 Asabri didukung warga setempat. Camat mencontohkan, masker, di kampung ini sudah dibuat sendiri oleh para relawan dan dibagijan secara gratis kepada warga.

“Pembuatan masker dan APD seperti baju hazmat dibuat oleh 3 relawan yang memang berprofesi sebagai penjahit. Sedangkan bahan bakunya hasil swadaya warga setempat,” kata camat.

Kampung di Jalan Supriadi dan dibelah jalan kembar AA Maramis itu juga memiliki lumbung pangan.Warga bisa menyumbang beras untuk disalurkan kembali bagi warga yang membutuhkan.

Sementara itu Kapolresta AKBP Ambariyadi Wijaya dalam kesempatan tersebut mengatakan, kampung tangguh diharapkan bisa turut menanggulangi dampak Covid-19. Menurutnya kegiatan semcam ini, gotong royong, musyawarah memecahkan persoalan di lingkungannya, saling berbagi sudah ada di masing-masing RW, sehingga bisa lebih banyak kampung tangguh di kota ini.

“Sebenarnya kita hanya sebagai penggerak saja, karena masing masing kampung juga memiliki potensi untuk bisa mewujudkan secara mandiri. Mereka para relawan inilah yang saling mengingatkan kepada warganya karena sudah dibekali dengan pengetahuan dan pelatihan sebelumnya,” ujar kapolres.

Kapolres juga menuturkan, jika semakin banyak warga yang siap secara mandiri di wilayahnya, maka arah menuju new normal ini bisa diwujudkan. Begitu pula upaya menggerakkan perekonomian warga yang didukung oleh pemkot.

Dalam kesempatan itu kapolresta membagi-bagikan buku saku Polri tentang pedoman menghadapi Covid-19. Buku tersebut diterima warga yang hadir dalam sosialisasi kampung tangguh. (*)

Baca Juga  Akhir 2020, Probolinggo Tambah Polsek Kanigaran


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Muhamad Rizal


Baca Juga

Bulan Ramadhan, Kasus Pernikahan Dini di Kabupaten Probolinggo Turun

Probolinggo,- Angka pernikahan dini di Kabupaten Probolinggo dalam beberapa pekan terakhir menurun. Bahkan selama Maret …