Unik, di Wisma Karantina ini Pemudik Dihadiahi Sertifikat dan Trophy

GADING-PANTURA7.com, Tim Satgas Penanggulangan dan Percepatan Covid-19 Desa Gading Wetan, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, punya cara unik agar pemudik yang di karantina betah di wisma karantina.

Caranya, Tim Satgas dihadiahi sertifikat dari pemerintah desa dan kecamatan serta trophy sebagai tanda bukti lulus karantina selama 14 hari. Cara ini dinilai efektif guna menghapus stigma negatif bagi para pemudik yang menjalani karantina pencegahan Covid-19.

Kepala Desa (Kades) Gading Wetan Supriyono mengatakan, di desanya ada 16 pemudik yang menjalani karantina di Kampoeng Hati. Dari 16 pemudik tersebut, 11 diantaranya sudah menjalani karantina selama 14 hari.

“Sebelas orang itu kami berikan sertifikat dan trophy sebagai bukti kelulusan menjalani karantina. Sedangkan 5 orang pemudik masih tinggal 4-5 hari sisa masa karantinanya,” kata Supriyono, Rabu (6/5/2020).

Sementara itu, Camat Gading, Taufiq Alami mengatakan, pemberian sertifikat dan trophy kelulusan kepada para pemudik yang dikarantina di Desa Gading Wetan, pada hakikatnya untuk menyesuaikan keadaan masyarakat saat ini.

“Langkah ini juga sebagai bukti bagi pemudik sudah lolos dikarantina dan dinyatakan sehat. Bukan tidak mungkin mereka akan dikucilkan, sehingga kami berikan tanda kelulusan ini,” ucap Camat.

Selain pemberian sertifikat dan trophy, lanjut Camat, pihaknya berencana akan memberikan bantuan khusus bagi pemudik yang menjalani masa karantina secara disiplin dan mantaati anjuran dari Tim Satgas.

“Bantuan khusus berupa sembako dan juga tambahan anggaran akan diambil dari DD (Dana Desa, red). Itu berlaku bagi pemudik yang selama dikarantina disiplin,” terang dia.

Secara terpisah, MU Ibu Rumah Tangga (IRT) yang menjalani karantina menyebut, selama menjalani masa karantina, ia merasa pelayanan dan fasilitas yang disiapkan oleh pihak desa sangat baik dan lengkap.

Baca Juga  Meriahkan HUT RI, Onthelis Kampanyekan Prokes

“Nyaman, sama sekali tidak ada keluhan dengan fasilitas dan pelayanan karantina. Terima kasih banyak dan semoga wabah ini segera berakhir,” ujar pemudik dari Pulau Bali ini. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

H+5 Arus Balik, 55 Ribu Penumpang Berangkat dari Stasiun di Daop 9 Jember

Probolinggo,- Hingga H+5 atau lima hari arus balik, KAI Daop 9 Jember telah memberangkatkan total …