Harga Gula Pasir Terus Melejit, Pedagang Menjerit

MAYANGAN-PANTURA7.com. Harga gula pasir di pasar tradisional di Kota Probolinggo terus merangkak naik. Hingga Kamis, (30/4/2020) harga jual gula pasir ditingkat pedagang menyentuh angka Rp 17 ribu hingga Rp 18 ribu per kilogram.

Pemilik toko sembako di Pasar Baru, Luluk (35) menuturkan, kenaikan harga gula pasir di tingkat eceran terjadi lantaran harga dari tengkulak dan distributor sudah tinggi. Pedagang eceran pun tak bisa berbuat banyak selain juga menaikkan harga jual.

Dikatakan Luluk, dengan tingginya harga kulak, ia dan pedagang lainnya tak berani menyetok gula dengan jumlah yang banyak. “Sekali kulakan paling banyak 5 sak masing-masing isi 50 kilogram,”ujar dia.

Kenaikan harga gula pasir yang signifikan, imbuhnya, terjadi sejak sepekan terakhir. “Saya tidak berani menyetok dalam jumlah banyak. Kami takut seperti saat kulakan bawang putih, saat harga turun kami merugi,” katanya.

Luluk dan pedagang lainnya berharap, pemerintah daerah segera mengambil langkah strategis untuk menstabilkan harga. “Terutama harha gula pasir agar tak terus menerus naik,’’ harap Luluk.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kota Probolinggo, Gatot Wahyudi menyebut, selain stok yang menipis, lonjakan harga pasir juga terjadi karena dipicu momentum bulan Ramadan.

“Berdasarkan pantauan kami, harga gula pasir terus naik ini terjadi selama memasuki bulan puasa,” kata Gatot.

Menurutnya, kenaikan harga sejumlah komoditas selalu terjadi saat memasuki Ramadan. Selain itu, keterbatasan pasokan juga berdampak dengan melonjaknya harga di tingkat eceran.

“Kami terus berkomunikasi dengan Disperindag Jatim soal stok. Kami juga mengajak Bulog untuk menambah stok sehingga harga tetap terkendali,” tandasnya.

Ia menambahkan, Kementrian Perdagangan RI telah melakukan import gula yang akan didistribusikan ke daerah dengan harapan harga di daerah mencapai kewajaran. “Insyaallah dalam sepekan kedepan harga gula sudah normal, Rp 12 ribu hingga Rp 13 ribu per kilogram,” papar Gatot. (*)

Baca Juga  Sebulan, 21 Kasus Peredaran Narkoba Dibongkar, 20 Orang Disel

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …