Peduli Bencana Nasional Covid-19, PMII Bayuangga Sebar Masker

KANIGARAN-PANTURA7.com, Presiden RI, Joko Widodo beberapa hari yang lalu, mengeluarkan seruan tentang penggunaan masker untuk mencegah penularan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Namun, stok dan harga masker yang tidak terjangkau, membuat seruan tersebut masih menjadi ‘pepesan kosong’.

Menyadari fenomena itu, Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia ( PK PMII) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Bayuangga pun turun jalan untuk membagikan masker secara gratis kepada para pedagang dan tukang becak di sekitrar Pasar Niaga, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo.

“Ada sekitar 500 helai masker yang kami bagikan kepada tukang becak dan pedagang – pedagang kecil di sekitar Pasar Niaga, juga kepada pengguna jalan yang melintas. Aksi sosial ini kami mulai sejak Minggu kemarin,” kata koordinator aksi, Indah, Senin (13/4/2020).

Aksi bagi-bagi masker dari donatur itu, menurut Indah, sebagai bentuk kepedulian untuk saling membantu rakyat kecil ditengah bencana nasional non alam. “Para tukang becak, jangankan beli masker, untuk beli kebutuhan hidup sehari hari saja mereka susah,” ujar dia.

Meski dari segi jumlah, masker yang dibagikan jauh dari kata cukup, namun para aktivis muda ini berharap sumbangsih mereka dapat membantu meringankan rakyat kecil. Selain itu, aksi itu menjadi wahana edukasi terhadap masyarakat agar membiasakan pola hidup sehat.

“Jangan dilihat dari apa yang kami berikan, ini adalah bentuk kepedulian kami kepada masyarakat agar sadar pentingnya pola hidup sehat dan kesiapan diri melawan virus corona,” terang Ketua PK PMII STIA Bayuangga, Dhaliqo.

Makin banyaknya masyarakat yang terinfeksi Covid-19, imbuh Dhaliqo, kini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, melainkan juga tanggung jawab bersama. Tak terkecuali kaum pergerakan seperti aktivis mahasiswa.

Baca Juga  Parpol pun ‘Turun Gunung’ Atasi Corona

“Kami PMII Banyuangga tergerak hati untuk ikut andil dan mengikuti arahan pemerintah. Semoga kita semua terhindar dari segala macam penyakit, dan yang sudah terpapar Covid-19 ini semoga segera diberi kesembuhan,” harapnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Festival Musik Patrol Semarakkan Ramadhan di Lumajang

Lumajang,- Bulan Ramadhan 2024 di Kabupate Lumajang disemarakkan dengan beragam kegiatan religius. Seperti festival musik …