MAYANGAN-PANTURA7.com. Hampir sebulan wabah virus corona menyebar, harga ikan di Pasar Mayangan, Kota Probolinggo masih stabil. Berdasarkan pantauan, stok ikan di pasar tersebut juga masih mencukupi.

Adi, salah satu pedagang ikan di Pasar Mayangan mengatakan, hingga saat ini harga ikan tetap normal. ”Tetap sama dari beberapa hari sebelumnya. Kalau ada yang turun juga hanya beberapa ribu saja,” jelasnya, Selasa (7/4/2020).

Ia melanjutkan, stabilnya harga ikan, juga berbanding terbalik dengan cuaca dalam beberapa hari ini yang terlihat kurang bersahabat.

”Memang kalau di darat sih beberapa hari ini, tidak menentu. Tapi kata nelayan, di laut tenang saja,” ucap Adi.

Sementara itu, ikan yang dijualnya seperti ikan tongkol sekarang di kisaran Rp16.000 per kilogram (kg). Sedangkan udang Rp45.000 per kg.

”Sekarang stok ikan lumayan melimpah. Ini juga harganya terbilang lebih bersahabat,” tambahnya.

Adi menambahkan, stok ikan dari nelayan sendiri yang sebenarnya dapat mempengaruhi harga ikan, apakah tetap stabil ataupun dapat naik dari harga sebelumnya.

”Banyak ikan masuk. Maka biasanya harga akan lebih bersahabat.
‘’Kalau saat ini, nelayan juga sudah lumayan banyak yang memasok ikan. Mudah mudahan cuaca gak ribut, sehingga mereka tidak ragu melaut,” tuturnya.

Sementara itu Kasi Pelayanan Teknis Pelabuhan Perikanan Mayangan, Arfan Safarul ST mengaku, bersyukur harga ikan di PPP Mayangan masih stabil. Tidak ada dampak walau virus corona mewabah. Para nelayan juga melakukan aktivitasnya seperti biasa, normal- normal saja,’’ terangnya.

Berikut harga ikan lainnya di Pasar Mayangan, ikan layang atau benggol Rp17.500/kg. Bandeng Rp25.000, lemuru Rp15.000, udang Vaname Rp50.000, cumi-cumi Rp50.000 per kg. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Muhammad Rizal