Kini, Pelabuhan Disemprot Cegah Virus Corona

MAYANGAN-PANTURA7.com, Upaya pencegahan terhadap masuknya wabah virus corona (COVID-19) terus dilakukan di Kota Probolinggo. Setelah sejumlah fasilitas umum dan kantor pelayanan, kini pintu masuk pelabuhan Tanjung Tembaga yang disterilkan.

Petugas gabungan dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Probolinggo bersama Dinas Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kota Probolinggo, melakukan penyemprotan disinfektan. Sasarannya, wilayah Kemaritiman di kawasan pelabuhan.

Tim menyemprot di beberapa titik, seperti ruangan kantor, terminal penumpang dan kawasan strategis lainnya. Tak sejengkal ruangan pun ketinggalan disemprot untuk memastikan kawasan steril.

“Ini sebagai upaya untuk mencegah masuknya wabah virus corona melalui pelabuhan. Pelabuhan yang kita ketahui merupakan tempat naik dan turunnya penumpang dari dan ke berbagai tujuan,” terang Kepala KSOP Kelas IV Probolinggo Capt. Subuh Fakkurochman melalui Petugas Status Hukum dan Sertifikasi Kapal, Herman Eko Yulianto, Senin (23/3/2020).

Pelabuhan Tanjung Tembaga menjadi wilayah yang dibersihkan. Pelabuhan menjadi sasaran, sebab tempat itu sangat rentan terhadap virus. Selain kerja bakti, petugas juga menyemprotkan disinfektan dan melaksanakan sosialisasi ke masyarakat.

“Sosialisasi dilakukan dengan memberikan pemahaman terhadapmasyarakat, pentingnya hidup bersih dan sehat,’’ imbuh dia.

Di lain pihak, pihak Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) memastikan, hingga kini belum ditemukan warga Probolinggo yang positif terinveksi corona.

“Tidak ada kasus positif corona di Probolinggo sampai hari ini. Kalau kasus dalam pemantauan tetap ada. Pernah ada kasus dalam pengawasan, tapi sudah terbukti negatif,” terang Kepala KKP Probolinggo, Budiono. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  ABK Asal Sumatera Utara Tetiba Meninggal Diatas Kapal

Baca Juga

Jelang Keberangkatan, 205 CJH Kota Probolinggo Jalani Pembinaan Kesehatan

Probolinggo,- Sebanyak 205 calon jemaah haji (CJH) asal Kota Probolinggo, Sabtu pagi (20/4/24), mendapat pembinaan …