Sudah Sepekan, Masker Langka di Probolinggo

PAJARAKAN-PANTURA7.com, Kelangkaan masker terjadi di Kabupaten Probolinggo. Diduga, alat filter pernafasan ini langka akibat diburu warga pasca merebaknya virus corona.

Penelusuran PANTURA7.com, rata-rata toko dan apotek yang berada di wilayah Kabupaten Probolinggo, khususnya di Kecamatan Pajarakan dan Kraksaan, tidak mempunyai stok masker. Kelangkaan masker terjadi sejak sepekan terakhir.

“Sepekan lalu masih bisa order dari distributor, tapi minggu ini sudah kehabisan stok. Harga masker juga naik 200 kali lipat, itupun stoknya tida ada,” kata Pemilik Apotek Abdun Farma Pajarakan, Himdat Ali, Selasa (3/3/2020).

Kelangkaan masker, sambung pria asal Kabupaten Situbondo ini, juga berdampak pada harga masker terus melangit. Sebelumnya, harga masker sebesar Rp 80 ribu namun harga terbaru menjadi Rp. 125 ribu per boks.

“Harga hari ini, per boks masih belum diketahui karena stoknya juga belum ada. Selain diborong sales, juga banyak warga beli sejak ada virus corona,” ujar dia.

Selain itu, Sambung pria yang kini tinggal di Kelurahan Kraksaan Wetan ini, juga ada beberapa barang lain yang langka. Seperti sanitasi dan anti septic gel. Meski demikian, persediannya tak sesulit masker.

“Dugaan saya, kelangkaan masker karena ada permainan dari sales dan masyarakat yang menjual masker ke luar daerah sejak isu virus corona menyebar,” ujarnya

Diketahui, virus corona saat ini mulai merambah Indonesia. Dua orang Warga Negara Indonesia (WNI) dilaporkan positif terinfeksi virus ganas yang awalnya muncul dari Kota Wuhan, Tiongkok tersebut.

Kabar soal dua WNI positif terjangkit virus corona diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (2/3/2020). Dua orang suspecr virus corona diketahui warga Depok, Jawa Barat. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Larangan Minyak Goreng Curah Rugikan Pedagang Kecil

Baca Juga

May Day 2024, K-Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Perkuat Identitas Serikat Buruh

Probolinggo,- Peringati Hari Buruh Internasional (May Day), Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Konfederasi Serikat Buruh Muslimin …