Hujan Deras, Rumah di Banyuanyar Roboh

BANYUANYAR-PANTURA7.com, Cuaca ekstrim berupa hujan lebat yang terjadi pada Senin (3/2/2020) sekitar pukul 13.30 Wib, mengakibatkan salah satu rumah warga di Desa Tarokan, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo roboh.

Informasi yang diperoleh, rumah yang roboh diketahui milik Tholib, warga Dusun Krajan, Rt 05, Rw 03 Desa Tarokan. Beruntung, robohnya rumah berdinding anyaman bambu itu tidak menyebabkan korban jiwa. Namun, kerugian ditaksir mencapai Rp. 20 juta.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi mengatakan, pihaknya pertama kali mendapat informasi rumah roboh dari masyarakat sekitar, sehingga petugas BPBad langsung ke lokasi.

“Setelah kami ke lokasi, ternyata selain diakibatkan cuaca ektrim berupa hujan lebat, juga disebabkan tiang penyanggah rumah sudah tua dan lapuk,” kata Anggit.

Selain mendatangi lokasi, lanjut Anggit, petugas gabungan juga melakukan pemindahan barang – barang rumah tangga yang masih bisa digunakan. Tim Reaksi Cepat (TRC) dibantu pemerintah desa, TNI serta Polri.

“Korban yang rumahnya terdampak, sudah kami beri bantuan sementara berupa terpal dan juga makanan siap saji,” tutur Anggit saat dikonfirmasi via sambungan seluler.

Pasca robohnya rumah tersebut, Anggit mengimbau, masyarakat yang daerahnya masih turun hujan agar menjauhi beberapa tempat yang rawan terjadi bencana. Seperti pepohonan yang mulai rapuh, tanah yang mudah longsor dan rumah yang atapnya lapuk.

“Karena hujan sudah turun, bahaya angin kencang harus diwaspadai. Pohon-pohon tinggi dan keropos segera ditebang dan jangan lupa untuk mengecek atap rumah karena sangat berpotensi roboh,” tutupnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Kebakaran di Paiton, 25 Ribu Ayam Mati Terpanggang

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …