PMII Probolinggo Dilantik, Problem Sosial dan Lingkungan Jadi ‘PR’

MARON-PANTURA7.com, Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Probolinggo Raya dilantik, Senin (27/1/2020). Prosesi pelantikan digelar di Gedung Olah Raga (GOR) Wijaya, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo.

Pelantikan yang dikemas sarasehan dengan tema ‘Optimalisasi Gerakan PMII Probolinggo Menghadapi Problematika Sosial dan Lingkungan’, dipimpin oleh Pengurus Koordinator Cabang (PKC) PMII Jawa Timur.

Selain Ikatan Alumni PMII (IKAPMII) Probolinggo dan Majelis Pembina Cabang (Mabincab), juga hadir sejumlah kader PMII tapal kuda, Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyato serta Kepala Bakesbangpol Linmas Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto.

Pasca dilantik, Ketua Umum PC PMII Probolinggo Raya periode 2019 – 2020, Sholehuddin mengatakan, pihaknya akan tetap melakukan pengawalan berasas pada nalar kritis transformatif dan inovatif. Terutama soal ketimpangan sosial dan masalah lingkungan.

“Menjadi PR (Pekerjaan Rumah, red) PMII kedepan untuk melakukan pengawalan terhadap ketimpangan sosial yang masih terjadi di Probolinggo, terutama soal program bansos yang justru menciptakan keresahan karena sering tidak tepat sasaran,” kata Sholehuddin.

Prosesi Pelantikan PC PMII Probolinggo periode 2019-2020 di GOR Wijaya Maron. (Foto : PC PMII Probolinggo for P7.com).

Selain itu, imbuhnya, ada kebijakan di Probolinggo yang harus segera dikawal oleh kader PMII, yakni pembangunan infrastruktur yang tidak berasas pada humanisme. Akibatnya, kelompok pinggiran yakni rakyat kecil menjadi korban kesewenang-wenangan.

“Terakhir, ada eksploitasi lingkungan yang juga harus kita sikapi karena tidak memperhatikan ekosistem dan kebudayaan lokal,” paparnya.

Sementara, Ketua Majelis Pembina Cabang (Mabincab) PMII Probolinggo Moh. Amin Haddar menyebut, memang sudah seharusnya PMII Probolinggo Raya ‘mengaum’ lebih keras. Sebab, jelas dia, kader PMII tidak boleh hanya sekedar ada.

“PMII harus kelihatan, bukan hanya ada. Saya akan support apa yang menjadi langkah PC PMII Probolinggo Raya sepanjang positif untuk pembangunan daerah,” janji Amin. (*)

Baca Juga  Akhirnya, Santunan Untuk Juama Mulai Mengalir


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

H+5 Arus Balik, 55 Ribu Penumpang Berangkat dari Stasiun di Daop 9 Jember

Probolinggo,- Hingga H+5 atau lima hari arus balik, KAI Daop 9 Jember telah memberangkatkan total …