KRAKSAN-PANTURA7.com, Dua Atlet Pagar Nusa PCNU Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, kembali menorehkan prestasi. Dua pendekar muda itu berhasil membawa pulang medali di ajang Kejuaraan Nasional Festival Pancak Silat Pagar Nusa III di Padepokan Pancak Silat TMII Jakarta, pada Jumat-Selasa (3-7/1).

Dua pesilat muda yang juga utusan dari PWNU Jawa Timur itu, ialah Bayu Kurniawan dari kelas C remaja putra meraih medali emas, dan Ahmad Wahyu Nurhotim dari kelas A remaja putra meraih medali perunggu. Sebelumnya, mereka meraih medali emas pada kejuaraan daerah (kejurda) di Jombang beberapa waktu lalu.

Ketua Pagar Nusa Cabang PCNU Kota Kraksaan, Nur Kholis mengatakan, ia sangat bersyukur dua atlet yang diutusnya kembali membawa pulang medali. Ia tak menyangka mereka kembali mampu mengharumkan nama baik perguruan dan daerah tempat tinggalnya.

“Saya tak menyangka anak didik saya kembali meraih dan membawa medali lagi di ajang yang lebih bergengsi dari ajang sebelumnya,” kata Nur Kholis, Rabu (8/1/2020).

Padahal, menurut Kholis, selama menjalani proses latihan alat yang digunakan sangat sederhana berupa baring padi yang diisi serbuk kayu. Begitu pula alas saat latihan tarung antar pendekar yang harus bergelut di atas batu bata.

“Padahal selama latihan kami sangat kekurangan sarana latihan seperti pecing box, samsak dan matras. Itu masih belum kami miliki,” ungkap pria berbadan kurus ini.

Di hari pertama pertandingan, ia menceritakan, anak didiknya sempat kecil hati. Lantaran petarung musuh yang tampak cukup profesional dan matang dalam latihan. Namun, seluruhnya barhasil ditendangnya hingga meraih medali.

“Kami sempat kualahan saat melawan petarung dari tuan rumah. Tapi beruntung sekali. berkat kegigihan dan semangat para atlet. Akhirnya kami bisa kembali mengharumkan nama Probolinggo” ujarnya bangga.

Baca Juga  Ulat Grayak Serang Tanaman Bawang Merah di Probolinggo

Sebelumnya sejumlah atlet Pagar Nusa PCNU Kraksaan berhasil menorehkan prestasi di Kejuaraan Daerah (Kejurda) pencak silat NU Pagar Nusa Jatim yang digelar di Jombang pada Jumat-Minggu (20-22/12).

Dalam ajang tersebut, dari sembilan atlet pemula yang dikirim, lima di antaranya berhasil membawa pulang medali. Yakni 2 medali emas dan dua medali perak serta 1 medali perunggu. Hal ini merupakan prestasi yang luar biasa. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT