Santri Diprioritaskan Jadi Anggota Polri

KADEMANGAN-PANTURA7.com, Jelang penerimaan anggota Polri Anggota T.A 2020, Kepolisian Resort Probolinggo Kota gencar melakukan sosialisasi penerimaan. Salah satunya dilakukan di Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin, Kecamatan Kademangan, Sabtu (14/12) pagi.

Dalam kesempatan itu, puluhan santri diberi arahan oleh Kabag Sumda Polres Probolinggo Kota, Kompol Sayudi. Santri juga diminta mendaftarkan diri pada seleksi penerimaan anggota Polri dan mengabdi kepada negara.

Kompol Sayudi tak sendiri dalam melakukan sosialisasi. Ia didampingi Ustadz Abdul Karim yang memberikan pengawasan agar kegiatan berjalan dengan baik. Dikatakan Kabag Sumda, Rekrutmen Calon Anggota Polri itu meliputi Akpol, Bintara, dan Tamtama tahun 2020.

“Untuk pendaftaran anggota Polri nantinya dilakukan secara online melalui website penerimaan.polri.go.id. Bisa juga bertanya langsung ke bagian Sumda Polres Probolinggo Kota, kami selalu terbuka dan siap mendukung langkah adik adik santri ini,” jelasnya.

Lanjut Kompol Sayudi, santri yang berminat menjadi anggota Polri agar mempersiapkan diri mulai dari sekarang. Selain kemampuan akademik, tentunya perlu persiapan fisik dan mental, dan sesuai dengan arahan kapolri yang baru.

“Anggota Polri yang punya keahlian sebagai penghafal Alquran mengaji ataupun ceramah akan diberikan porsi khusus di dalam tes penerimaan, bahkan tidak perlu sesempurna yang lain,” terang Sayudi.

Oleh karenanya, imbuh Sayudi, pihaknya menjaring dan mendata para santri dan santriwati yang Hafiz Alqur’an ataupun berdakwah di Pondok Pesantren. “Mereka akam sangat berguna dan bisa berkontribusi membantu tugas Kepolisian sesuai dengan program Kapolri,” tambahnya.

Sementara, Ustadz Abdul Karim, Pengasuh Ponpes Roudlotut Tholibin menjelaskan, santri memang membutuhkan sosialisasi seperti itu untuk menumbuhkan motovasi dan niat kuat agar santri memiliki kemauan untuk menjadi anggota Polri.

“Ini patut diapresiasi untuk menunjukkan komitmen Polri menjaring animo masyarakat khususnya di kalangan Pondok Pesantren. Harapannya ke depan, semakin banyak santri yang menjadi anggota Polri dan dapat memberikan kontribusi kepada negeri,” harap dia. (*)

Baca Juga  Khidmatnya Haul Kiai Hasan Genggong Ditengah Pandemi Covid-19


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga

Demi Hadiri Haul Kiai Hasan Genggong, Pemuda ini Rela Jalan Kaki Puluhan Kilometer

Probolinggo,- Pesantren Zainul Hasan (PZH) Gengggong Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, menggelar haul KH. Muhammad Hasan Genggong …