Tantri Janji Genjot Perbaikan Jalan di 3 Kecamatan ini

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo akan menggenjot pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum di daerah pinggiran dan dataran tinggi. Hal ini untuk menutupi ketimpangan fasilitas dan infrastruktur yang telah tersedia di kawasan maju.

Bupati Probolinggo, P Tantriana Sari menjelaskan, wilayah pinggiran yang dimaksud adalah desa-desa yang berada di kawasan dataran tinggi maupun desa yang berbatasan langsung dengan kabupaten tetangga. Selama ini, jelas Tantri, kawasan tersebut jarang tersentuh karena terkendala akses.

Sejatinya menurut Tantri, pembangunan infratruktur fisik maupun non-fisik sudah dimulai tahun ini. Salah satunya di Kecamatan Sumber yang beberapa wilayahnya berada di titik pedalaman atau berada di lereng pegunungan.

“Sudah kita mulai sejak 2019, dan ini akan tetap berlanjut hingga 2023. Saya memerintahkan Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, red) agar membangun wilayah perbatasan dengan baik,” kata Tantri, Minggu (24/11).

Setelah Kecamatan Sumber, lanjut Tantri, pihaknya juga akan membidik beberapa wilayah yang ada di kawasan pegunungan. Dantaranya wilayah Kecamatan Tiris dan Krucil, beberapa desa di 2 kecamatan ini tersambung langsung dengan daerah lain.

“Titik daerah yang bersinggungan langsung dengan kabupaten lain. Jadi istilah tidak tersentuh karena jauh dari pusat perkotaan seolah-olah diabaikan itu tidak ada lagi di Kabupaten Probolinggo,” ujar Tantri.

Nantinya, sambung Tantri, beberapa daerah lain yang juga merupakan daerah pinggiran dan perbatasan, secara bertahap akan dibenahi infrastruktur dan fasilitas penunjangnya, terutama akses jalan.

“Sehingga lalu lalang warga yang ingin ke kabupaten sebelah, tak perlu melewati jalur utama. Cukup dengan jalan desa yang sudah nyambung dengan kabupaten tetangga,” tutur Bupati 2 periode ini.

Pembangunan infrastruktur jalan, imbuh istri Hasan Aminuddin ini, akan menjadi tolak ukur utama dalam meningkatkan perekonomian warga. Sebab dengan akses yang mulus dan lebar, roda perekonomian warga bergerak dengan baik dan cepat.

Baca Juga  Pandemi Covid-19, ASN Pemkab Probolinggo Halal Bihalal Tanpa Jabat Tangan

“Akses jalan itu sangat penting. Maka dari itu, kami mulai dari tahun ini, yang kemudian dilanjutkan tahun depan dan juga seterusnya akan menggenjot perbaikan jalan. Di tahun 2019 ini Kecamatan Sumber, selanjutnya di tahun 2020 itu Kecamatan Tiris dan Krucil” ucapnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Belanja Kepegawaian Masih Diatas 30 Persen, Pemkab Lumajang Batasi Rekrutmen Tenaga PPPK

Lumajang,- Belanja kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang masih diatas 30 persen. Pemerintah kota …