Kekeringan, Desa Alasnyiur Dipasok Air Bersih

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo mendistribusikan air bersih di Desa Alasnyiur, Kecamatan Besuk, Kamis (24/10) kemarin. Hal itu disebabkan kekeringan yang ada di desa tersebut.

Kepala Desa Alasnyiur, Hasan Basri mengatakan, kedatangan armada dari BPBD itu setelah pihaknya mengajukan permohonan untuk mendapatkan pasokan air bersih pada Selasa (22/10) lalu.

“Karena warga di sini untuk mendapatkan air itu sudah harus ke desa sebelah. Pasokan dari PDAM juga sudah tidak sampai ke sini,” kata Hasan Basri, Jumat (25/10).

Droping air bersih di Dusun Krajan, lanjut Hasan, ditujukan untuk 572 Kepala Keluarga (KK). Akan tetapi warga dilarang untuk mengambil air bersih tersebut jika itu hanya untuk keperluan mandi.

“Tidak keseluruhan yang menerima, karena sebagian masih ada yang punya sumur. Dan bantuan air ini memang hanya untuk diminum saja. Mungkin untuk kebutuhan tiga hari ke depan ini masih cukup. Insyaa Allah saya akan mengajukan kembali kalau masih kekurangan,” tutur Hasan.

Sementara menurut Ryan Eem (25) warga setempat, bantuan air dari BPBD itu merupakan yang pertama kalinya untuk desa tersebut. Ia berharap BPBD kembali memasok air bersih.

“Iya baru pertama kalinya mendapatkan bantuan droping air bersih dari BPBD. Sekarang kondisi sumur memang banyak yang kering, tapi itu tidak keseluruhan. Jadi kadang warga mengambil air ke desa lain,” ucap Ryan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi mengatakan, pihaknya langsung menerjunkan tiga armada truk tangki. Satu truk ini berisi 6.000 liter.

“Kemarin kami mendistribusikan air bersih di dua titik, Desa Alasnyiur dan Desa Gunungbekel, sekarang kami lanjutkan mendistribusikan ke Dusun Sumbersari Kuripan dan Dusun Panoan, Tegalsiwalan,” tutur Anggit saat dikonfirmasi. (*)

Baca Juga  Jarang Kontrol, Dinkes Kota Probolinggo Cek HIV Suami-Bumil 


Penulis: Moh. Ahsan Faradies
Editor: Ikhsan Mahmudi


Baca Juga

Tambah PJU, Dishub Probolinggo Gelontorkan Anggaran Hampir Setengah Miliar

Probolinggo,- Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo secara bertahap terus menyediakan Penerangan Jalan Umum (PJU). Sekitar setengah …